Permudah Masyarakat Desa Mengurus SIM, Ditlantas Luncurkan SIMMADE

user
danar 28 Juli 2020, 17:50 WIB
untitled

SLEMAN, KRJOGJA.com - Masyarakat di pedesaan, kini tak perlu jauh-jauh ke Polres untuk ujian SIM. Hal ini setelah Ditlantas Polda DIY melouncing SIM Masuk Desa (SIMMADE) di Balai Desa Candibinangun, Kecamatan Pakem Sleman, Selasa (28/7/2020).

Dengan SIMMADE, masyarakat pedesaan khususnya sekitar lereng Merapi, kini bisa membuat dan memperpanjang SIM C di Balai Desa Candibinangun. Wakapolda DIY Brigjen Pol YR Slamet mengatakan, inovasi itu dalam rangka menuju adaptasi baru. "Mengurangi kerumunan massa yang antre membuat SIM di tingkat Polres, kita jemput bola. Kita adakan ujian teori dan praktik SIM di balai desa, sehingga masyarakat di pedesaan bisa membuat SIM tanpa jauh-jauh ke Satpas," ujarnya.

Untuk sementara, layanan SIM hanya diperuntukkan bagi pembuatan maupun perpanjang SIM C dan perpanjang SIM A. Namun saat ini, Ditlantas sedang mempersiapkan terkait teknis ujian praktik SIM A. Dirlantas Polda DIY Kombes Pol I Made Agus Prasetya menambahkan, pada saat bersamaan, semua Polres jajaran juga melouncing SIMMADE di desa yang sudah ditunjuk.

Dikatakan, masyarakat yang ingin membuat SIM, terlebih dahulu melapor ke Babinkamtibmas. Kemudian oleh petugas Babinkamtibmas akan dilatih dan setelah pemohon siap, akan dikomunikasikan dengan Polres setempat untuk ujian.

"Ujian praktik, teori dan tes kesehatan bisa di balai desa. Hanya saja karena kendala teknis, pelaksanaan foto bagi pemohon SIM baru harus di Polres. Mereka akan diantarkan oleh Babinkamtibmas ke Polres tiap hari Sabtu untuk foto," tandasnya.

Kasat Lantas Polres Sleman AKP Mega Tetuko menambahkan, untuk SIMMADE di Balai Desa Candibinangun dapat mengampu pemohon SIM di wilayah Pakem, Cangkringan, Turi dan Tempel. Ke depan, ada beberapa desa yang disiapkan untuk melouncing SIMMADE untuk mengampu pemohon SIM di zona lainnya.(Ayu)

Credits

Bagikan