Pemda DIY Perlu Dampingi UMKM Bangkit

user
agus 25 Juli 2020, 21:10 WIB
untitled

YOGYA, KRJOGJA.com - Lebih dari 240 ribu UMKM DIY terdampak pandemi Covid-19. Para pengusaha berusaha bertahan dan bangkit keluar dari masa sulit akibat pandemi yang terjadi sejak lima bulan silam.

Cahyadi, Forum Konsultasi UMKM DIY mengatakan seburuk apapun kondisi, para pengusaha tetap akan berusaha bertahan dan bangkit sesuai hakikat sebenarnya seorang pebisnis. Menurut dia, para pengusaha berusaha beradaptasi dan menyesuaikan pasar yang berubah setelah muncul pandemi Covid.

“UMKM resilience entah itu berubah bentuk atau apapun bisa bertahan hidup. Tapi kemudian apa yang dibutuhkan, karena kita harus adaptasi pasar juga dan ada harapan agar saat adaptasi dan bangkit ini dipermudah oleh pemerintah tidak justru dipersulit,” ungkapnya pada wartawan, Sabtu (25/7/2020).

Anggota DPRD DIY, Nurcholis meminta Pemda DIY mendengar keluh kesah UMKM yang terjadi di masa pandemi. Menurut dia, UMKM merupakan salah satu tulang punggung perekonomian DIY yang harus mendapat dukungan bangkit.

“Jangan seperti cerita salah satu teman UMKM, baru tidak ada pemasukan karena pandemi tapi ditagih BPJS suruh bayar iuran, lalu juga bunga kredit yang ternyata hanya ditunda dan terus terakumulasi. Lha ini kan justru mempersulit untuk bangkit,” terang legislator Golkar ini.

Nurcholis beranggapan, pendampingan pada UMKM sangat penting di masa saat ini baik untuk bangkit atau menghadapi permasalahan kredit. Pasalnya beberapa waktu ini muncul keluhan UMKM yang tak maksimal mendapat relaksasi kredit dan justru menjadi penghambat.

“Misalnya regulasi, kalau justru yang ada tidak meringankan ya sama saja. Kita dorong untuk itu. Pemerintah harus memberikan pendampingan untuk memudahkan UMKM bangkit. Jangan regulasi masih sama seperti dulu, pemda juga harus lincah bergerak di masa ini,” sambung dia.

Pemda DIY beberapa waktu terakhir mulai aktif memberikan bantuan bagi UMKM melalui program Sibakul. UMKM diberikan gratis ongkos kirim produk jualannya yang diharapkan bisa membantu mereka bangkit. (Fxh)

Kredit

Bagikan