Diduga Selewengkan Dana Desa, Kades Dilaporkan Warganya

user
agus 25 Juli 2020, 08:45 WIB
untitled

PURWOREJO, KRJOGJA.com – Sejumlah pewakilan warga masyarakat desa di wilayah Kecamatan Ngombol Kabupaten Purworejo mendatangi Kantor Kejaksaan Negeri (Kejari) Purworejo. Mereka melaporkan kepala desanya (kades) karena diduga telah merugikan warganya dengan melakukan penyimpangan anggaran desa.

Menurut mereka, anggaran yang diduga disalahgunakan kades diantaranya pengerjaan jalan cor block tahun 2019, dana desa tahun 2020 yang belum dilaksanakan, Propendakin yang tidak sesuai keperuntukannya, serta program PTSL tahun 2019 banyak yang belum jadi dengan anggaran sekitar Rp 97 juta dan lainnya.

“Kami menduga bahwa berbagai program itu tidak jalan karena dana disalahgunakan oleh kades,” kata Jumakir, salah seorang ketua paguyuban rakyat desa itu, Jumat (24/7).

Didampingi Sekretaris Paguyuban Sumarto, Jumakir mengaku kecewa dengan kadesnya yang diduga telah melakukan penyimpangan dana desa. Namun yang bersangkutan tidak menyebut besaran anggaran yang diselewengkan kadesnya secara leseluruhan.

“Atas dasar itu, kami bersama perwakilan warga lainnya yang tergabung dalam paguyuban warga desa melaporkan adanya dugaan penyimpangan dana itu. Dan mohon kepada Kejari untuk ditindaklanjuti,” tandasnya.

Perwakilan warga ini diterima Kasi Intel Kejaksaan Negeri Purworejo Zaenal Abidin SH yang sekaligus membenarkan kedatangan warga ini yang mengadukan kadesnya sendiri, terkati dugaan penyelewengan dana desa. (Nar)

Credits

Bagikan