Antisipasi Covid-19, Pesantren Dianggarkan Rp 2,7 Triliun

user
tomi 24 Juli 2020, 17:33 WIB
untitled

BANYUMAS,KRJOGJA.com - Untuk mengantasipasi Covid-19, dilingkungan pesantren pemerintah akan mengucurkan dana sebesar Rp 2,7 trilun untuk 21 ribu pesentren.

"Alokasi dana untuk pesantren, merupakan bagian dari perjuangan Fraksi Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa (FPKB) DPR RI, terutama saya. Terus terang saja karena saya ada dalam pembahasan itu langsung dan saya yang paling berteriak ketika omong dana untuk pesantren," kata anggota FPKB DPR RI Siti Mukaromah saat ditemui seusai kegiatan Tasyakuran Hari Lahir Ke-22 Partai Kebangkitan Bangsa yang digelar di Sekretariat DPC PKB Kabupaten Banyumas, Kamis sore (23/7/2020)

Menurutnya FPKB DPR RI sangat bersyukur karena pemerintah telah mengalokasikan dana sebesar Rp2,7 triliun untuk 21 ribu pesantren dalam rangka antisipasi Covid-19 di lingkungan pondok pesantren.

Dijelaskan itu dilakukan FPKB untuk masyarakat karena memang dana tersebut sangat dibutuhkan oleh masyarakat pesantren. Erma panggilan akrab Siti Mukaromah  mengungkapkan saat pandemi Covid-19 mulai terjadi, pesantren paling terdampak dan sistemnya harus diubah total.

Dana anggaran untuk pesantren tersebut sudah masuk dan akan direalisasikan pada tahun 2021 serta diharapkan menjadi kebijakan pemerintah. "Kami berharap 5 persen dari 20 persennya anggaran pendidikan itu adalah ke pesantren. Itu harapan kita semua," katanya.

Nantinya. anggaran untuk pesantren itu dapat digunakan untuk fasilitas atau sarana prasarana, kesehatan, dan sisi sosial karena bagaimana pun anak-anak pesantren rata-rata adalah orang-orang yang secara ekonominya terdampak pandemi Covid-19.

Berkaitan kegiatan Tasyakuran Hari Lahir Ke-22 PKB Tingkat Kabupaten Banyumas, DPC PKB Kabupaten Banyumas mengatakan kegiatan ziarah ke Makam Syeh Makdum Wali dan menggelar bakti sosial dengan membagikan paket sembako untuk masyarakat yang terdampak Covid-19 serta memberi santunan untuk anak-anak Panti Asuhan Darul Hadlonah Purwokerto dan santri Pondok Pesantren Anwarus Solihin Purwokerto.(Dri)

Kredit

Bagikan