Operasi Patuh Progo 2020, Polres Gunungkidul Kerahkan 127 Personel

user
tomi 24 Juli 2020, 00:11 WIB
untitled

WONOSARI, KRJOGJA.com - Kepolisian Resor (Polres) Gunungkidul akan mengadakan Apel Gelar Pasukan Operasi Patuh Progo 2020, Kamis (23/07/2020). Kegiatan ini dipimpin langsung Kapolres Gunungkidul AKBP Agus Setiawan.

"Operasi Patuh Progo akan dilaksanakan selama 14 hari ke depan. sebanyak 127 personel diterjunkan dengan sasaran pelanggaran prioritas seperti tidak mengenakan helm, melawan arus, knalpot blombongan, dan sebagainya," kata Kapolres Gunungkidul AKBP Agus Setiawan usai gelar pasukan.

Diungkapkan, pelaksanaan Operasi Patuh Progo juga termasuk kepatuhan pengendara terkait protokol kesehatan diantaranya mengenakan masker. Hal ini berkaitan dengan penerapan Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB). Untuk aturan pemakaian masker ini bersifat preventif. Pengendara yang ditemukan tidak mengenakan masker akan diberi imbauan sekaligus diberikan masker. " Petugas tidak melakukan penilangan jika tidak memakai masker, ini sifatnya lebih ke preventif, edukatif, dan simpatik," jelasnya.

Kapolres menambahkan, Polres Gunungkidul juga berencana akan menerapkan jaga jarak kendaraan saat berhenti di perempatan atau pertigaan jalan dengan Alat Pemberi Isyarat Lalu Lintas (APILL). Penerapan jaga jarak kendaraan ini sudah mulai diterapkan di sejumlah kota lain. Caranya dengan memberi marka berhenti bagi kendaraan-kendaraan tersebut, terutama roda dua. " Polres berkoordinasi dengan Dinas Perhubungan (Dishub) Gunungkidul untuk rencana tersebut," ujarnya.

Kepala Dinas Perhubungan Gunungkidul Wahyu Nugroho membenarkan jika ada rencana penerapan jaga jarak bagi kendaraan. Sejumlah staf Dishub bersama jajaran Polres akan meninjau sejumlah lokasi yang sekiranya layak untuk penerapan model jaga jarak kendaraan tersebut. "Terdapat beberapa lokasi yang direncanakan akan jadi percontohan untuk penerapan jaga jarak dalam berlalu lintas," imbuhnya. (Ded)

Credits

Bagikan