Kajati: Kejaksaan Harus Netral dalam Pilkada

user
danar 22 Juli 2020, 20:50 WIB
untitled

YOGYA, KRJOGJA.com - Kajati DIY Sumardi SH MH menegaskan kepada seluruh jajaran kejaksaan harus netral dalam pelaksanaan Pilkada 2020 mendatang. Kemudian juga akan membentuk sentra Penegakkan Hukum Terpadu (Gakkumdu).

“Semua pegawai kejaksaan tidak boleh memihak salah satu calon yang maju dalam Pilkada 2020. Tapi harus netral dalam Pilkada,” kata Kajati usai upacara peringatan Hari Bhakti Adhyaksa (HBA), Rabu (22/7/2020).

Peringatan HBA ke-60 dilakukan secara virtual dengan inspektur ucapara Jaksa Agung. Sedangkan peserta upacara di Kejati hanya diikuti beberapa pejabat dengan menerapkan protokol kesehatan.

“Karena pandemi covid-19, peringatan HBA dilaksanakan secara sederhana dan upacara secara virtual. Dalam pelaksanaan itu juga menerapkan protokol kesehatan,” tambah Sumardi.

Lebih lanjut dikatakan, untuk menyukseskan Pilkada 2020, pihaknya juga membetuk Gakkumdu. Tujuannya untuk menyelesaikan permasalahan yang berkaitannya dengan pelaksanaan Pilkada.

“Kami akan membentuk Gakkumdu. Nanti permasalahan yang berkaitan dengan Pilkada, akan dibahas disitu,” ujarnya.

Mengenai usia ke-60, menurut Kajati, Sesuai amanat dari Jaksa Agung, HBA ini supaya menjadi momentum instan adhyaksa untuk terus melakukan instropeksi diri dan evaluasi terhadap proses penegakan hukum. Selain itu juga untuk terus meningkatkan pelayanan kepada masyarakat.

“Sesuai instruksi Jaksa Agung, kita harus terus bergerak dan berkarya untuk bangsa. Kemudian HBA ini memontum meningkatkan kinerja insan adhyaksa,” terangnya. (Sni)

Credits

Bagikan