Ini Dia, Penyebab Kasus Covid-19 di DIY Melonjak

user
tomi 22 Juli 2020, 14:09 WIB
untitled

YOGYA, KRJOGJA.com - Juru bicara gugus penanganan Covid-19 DIY, Berty Murtiningsih memberikan penjelasan terkait lonjakan kasus Covid-19 yang terjadi beberapa hari belakangan. Berty menyebut semakin masifnya tracing pada para pasien positif menjadi satu hal utama bertambahnya jumlah kasus positif di DIY.

Kepada wartawan, Rabu (22/7/2020) Berty mengatakan saat ini pihaknya terus intensif meningkatkan jumlah orang yang diperiksa. Metodenya melalui wawancara mendalam pada orang-orang yang diduga memiliki resiko tertular atau saat ini disebut suspek.

“Kita memang memperluas tracing kontak, ibaratnya kalau lingkaran yang kita perluas lagi diameternya. Begitu juga misalnya di puskesmas, kalau ada laporan orang yang baru datang dari luar daerah kita lakukan indept interview dan kalau beresiko tinggi maka langsung dilakukan swab,” ungkapnya.

Berty mengatakan semakin banyaknya tracing yang dilakukan secara tak langsung akan membuat peluang penambahan kasus meningkat. Namun di sisi lain menurut Berty harus menjadi perhatian lantaran penularan di masyarakat masih terjadi.

“Dengan masih banyaknya kasus yang ditemukan, ibaratnya kita cari lebih banyak dapat lebih banyak. Kalau tidak dapat berarti tidak ada apa-apa, tapi ini dapat. Berarti ini warning secara epidemologi penularan di masyarakat masih ada,” sambung Berty.

Sampai saat ini secara keseluruhan DIY sudah melakukan pengecekan pada 22.300 sample dari 18.011 orang. Jumlah kasus positif berjumlah 465 di mana 330 di antaranya sembuh dan 13 meninggal dunia. (Fxh)

Credits

Bagikan