Bupati Sutedjo Launching Single APP JendelaKu

user
danar 22 Juli 2020, 01:10 WIB
untitled

KULONPROGO, KRJOGJA.com - Bupati Kulonprogo Drs Sutedjo optimis kinerja para Aparat Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kulonprogo termasuk para panewu (camat) akan lebih cepat dan efektif, seiring difungsikannya Single APP JendelaKu. Launching integrasi layanan publik berbasis elektronik menjadi kebutuhan seiring era disrupsi yang harus mempercepat transformasi dari manual ke digital, terlebih di masa pendemi Covid 19.

"Dengan adanya Aplikasi JendelaKu tentu pelayanan Pemkab Kulonprogo akan menjadi lebih cepat, efektif dan efisien. Sehingga palayan ke depan akan semakin prima. Saya minta Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) betul-betul mengawal, mensosialisasikan aplikasi layanan publik berbasis elektronik ini," tegas Bupati Sutedjo saat melaunching Single APP JendelaKu bersama Wabup Fajar Gegana secara virtual di 'Command Room', Selasa (21/7/2020).

Bupati mengatakan penyesuaian penerapan layanan publik di era Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB) Pandemi Covid-19 dengan digital sangat penting untuk mencegah risiko penyebaran virus. “Sekarang masa AKB dan kondisi ini memaksa kita mau tidak mau, suka tidak suka, merubah kebiasaan dan beradaptasi dengan cara baru. Salah satunya merubah pola layanan manual menuju digital, sehingga meminimalkan kontak langsung guna mengurangi resiko penyebaran virus corona," jelasnya.

Sutedjo mengajak seluruh masyarakat segera memanfaatkan kemudahan yang akan dirasakan bersama, sekaligus menjaga kesehatan masyarakat Kulonprogo dari pandemi Covid 19. Disisi lain untuk OPD diimbau membentuk tim guna memberikan respon cepat dan memuaskan bagi pengguna aplikasi JendelaKU.

Sekda Ir RM Astungkoro mengingtatkan Kepala Diskominfo Drs Rudiyatno untuk mensosialiasikan aplikasi ini kepada seluruh OPD dan ASN di lingkungan pemkab setempat. "Pak Rudi punya tanggungjawab mensosialisasikan sekaligus memastikan semua ASN menguasai Aplikasi JendelaKu. Kalau ada ASN belum paham, segera hubungi Diskominfo. Aplikasi ini sangat penting dalam menunjang sistem kerja dan kinerja kita. Mulai besok pagi aplikasi ini resmi kita terapkan," katanya.

JendelaKU mengintegrasikan berbagai layanan publik berbasis Nomor Induk Kependudukan dan layanan kepegawaian berbasis Nomor Induk Pegawai dalam satu interface. Aplikasi ini akan memberikan kemudahan baik bagi masyarakat maupun pegawai sesuai hak akses yang diberikan dengan konsep Single Sign On (SSO), satu kali login dapat mengakses seluruh aplikasi dan informasi yang disediakan. Layanan publik yang dapat diakses melalui Aplikasi JendelaKu diantaranya LacakKU, Lapor/Aduan, Aspirasi DPRD dan WBS serta informasi publik tentang Kulonprogo terkait berita online media nasional dan lokal, media sosial, CCTV, agenda daerah, jadwal poli RSUD, lowongan kerja, Satu Data, harga komoditas dan info lokasi penting di Kulonprogo. Sedangkan bagi ASN dapat dengan mudah mengakses SuratKU, eKinerja, eLayanan dan ePresensi.

Fitur LacakKU diluncurkan dalam rangka AKB, yang mencatat pergerakan dan riwayat kunjungan di lokasi publik Kulonprogo, memudahkan pencarian dan penelusuran riwayat kontak apabila ada yang diindikasikan suspect Covid-19 dari hasil pemeriksaan kesehatan. "Hal ini menjadi salah satu cara kita menanggulangi penyebaran Covid-19 di Kulonprogo. JendelaKU menjadi satu pintu masuk akses layanan publik milik Pemkab Kulonprogo," ungkapnya.

Kabid Aplikasi Informatika Diskominfo Sutarman menjelaskan, Aplikasi JendelaKU dioperasionalkan secara mobile, memberi kemudahan masyarakat dan pegawai. Dengan sekali registrasi NIK maka semua layanan dan informasi pemerintah daerah dapat diakses dengan mudah. Aplikasi ini menerapkan teknologi yang tidak membebani memori perangkat dengan sekali login.(Rul)

Credits

Bagikan