Tim PPDM UAD Latih Petani Kaligesing Produksi Pembuatan Insektisida Alami

user
agus 21 Juli 2020, 18:47 WIB
untitled

PURWOREJO, KRJOGJA.com - Tim Pengabdian Program Pengembangan Desa Mitra (PPDM) Universitas Ahmad Dahlan (UAD) mengadakan pelatihan pembuatan insektisida alami di Desa Somongari, Kecamatan Kaligesing, Kabupaten Purworejo, Minggu (19/07/2020). Pelatihan ini merupakan salah satu rangkaian acara dari kegiatan pengabdian yang dilakukan selama 1 tahun oleh Drs Hadi SasongkoMSi (Ketua), Dra Zuchrotus Salamah MSi, Purwanti Pratiwi Purbosari SPdMSi dan Nurul Putrie Utami SGzMPH di Desa Somongari tersebut.

Kegiatan pengabdian diikuti oleh 50 warga dengan tetap mengindahkan protokol kesehatan pencegahan Covid-19. Acara diawali dengan pelatihan pengendalian hama dan penyakit tanaman oleh Purwanti Pratiwi Purbosari MSi, kemudian dilanjutkan dengan pelatihan pembuatan insektisida alami oleh DrsHadi Sasongko MSidan DraZuchrotus Salamah MSi.

Purwanti Pratiwi Purbosari kepada krjogja.com, Selasa (21/07/2020) mengatakan, kegiatan pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan masyarakat Desa Somongari dalam pengolahan pertanian organik. Diketahui sebelumnya bahwa masyarakat Desa Somongari, dengan dibantu oleh tim pengabdian UAD, sedang merintis sistem pertanian organik untuk penanaman sayuran memanfaatkan lahan pekarangan yang selama ini belum dioptimalkan dengan baik.

Dijelaskan, insektisida merupakan hal penting dalam pengendalian hama. Namun penggunaan insektisida kimia dapat berdampak bagi lingkungan maupun kesehatan manusia. Oleh karena itu, tim pengabdian PPDM UAD menggalakkan pembuatan insektisida dari bahan alam yang disesuaikan dengan bahan-bahan lokal yang terdapat di Desa Somongari. "Bahan tersebut antara lain daun sirsak, bawang putih, buah jeruk nipis, dan tembakau sisa rokok," ujarnya.

Di era pandemi Covid-19 ini, banyak masyarakat tertarik untuk bercocok tanam di rumah, pembuatan insektisida alami juga sangat cocok diaplikasikan oleh masyarakat luas. Selain tidak memiliki dampak negatif bagi kesehatan, pembuatan insektisida alami juga cukup sederhana. Misalnya pada pembuatan insektisida alami berbahan baku bawang putih. Kita cukup mencampurkan 450 ml air dengan 1 buah bawang putih yang telah dihaluskan. Selanjutnya, larutan tersebut ditambahkan dengan 2 tetes sabun cair yang akan berfungsi sebagai perekat. Setelah didiamkan selama kurang lebih 1-3 jam, campuran tersebut bisa disaring untuk membuang ampasnya. Insektisida alami sudah bisa digunakan dengan cara disemprotkan pada tanaman yang terkena hama serangga.(Jay).

Credits

Bagikan