Polri Bersama TNI Sinergi Cegah Covid-19

user
danar 20 Juli 2020, 18:50 WIB
untitled

KLATEN, KRJOGJA.com - Kapolda Jawa Tengah (Jateng) Irjen Pol Ahmad Luthfi mencanangkan Desa Nglinggi, Kecamatan Klaten Selatan, Kabupaten Klaten sebagai Kampung Siaga Candi, Senin (20/07/2020). Kampung Siaga Candi sebagai upaya penanggulangan Covid-19.

Kedatangan Kapolda di Klaten didampingi Danrem 074/Warastratama Surakarta Kolonel (Inf) Rano Tilaar, Komisi III DPR RI Eva Yuliana dan disambut Bupati Klaten Sri Mulyani, Kapolres Klaten AKBP Edy Suranta Sitepu, Dandim 0723/ Klaten Letkol Kav Minarso, serta jajaran kecamatan dan desa.

Kapolda mengatakan ada tujuh instruksi Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) kepada Polri, diantaranya anggota Polri untuk ikut serta mendisiplinkan masyarakat dalam rangka menerapkan protokol kesehatan mencegah pesebaran Covid-19.

"Ini sudah diwujudkan Polres Klaten dan jajaran, dengan cara salah satunya pendirian Kampung Siaga Covid-19. Saya ucapkan terimakasih juga kepada Bupati Klaten yang telah memfasilitasi ini," ujarnya.

Di wilayah Polda Jateng, lanjut Kapolda, sudah ada 4.029 Kampung Siaga Covid-19, dimana Polri dan TNI sebagai fasilitator. Semua dari masyarakat untuk masyarakat dan dimanfaatkan oleh masyarakat.

"Jadi ini adalah pemberdayaan yang luar biasa dan ini adalah salah satu faktor dalam rangka mengadaptasi kebiasaan baru masyarakat kita diantaranya adalah Kampung Siaga Covid-19," ujarnya.

Lebih lanjut Kapolda mengungkapkan, instruksi Presiden Jokowi yang kedua adalah Polri untuk ikut serta dalam rangka mendukung peningkatan perekonomian nasional. Di Klaten telah dibuktikan bahwa Polri dan TNI ikut serta dalam rangka ketahanan pangan.

"Ini untuk selalu digelorakan sehingga pandemi Corona tidak berdampak pada ekonomi yang nantinya juga berdampak pada kriminalitas. Saya yakin kita akan mampu mengatasinya bersama-sama," ujarnya.

Sementara itu, merujuk pada data Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Klaten per 20 Juli 2020, angka kasus Covid-19 di Klaten terus meningkat. Positif kumulatif mencapai 105 pasien. Dari jumlah itu, 49 pasien sembuh, 6 pasien meninggal dunia, dan 50 pasien masih dirawat di rumah sakit.

Bupati Klaten Sri Mulyani mengatakan pasca lebaran peningkatan Covid-19 di Klaten semakin meningkat. Hal ini karena mobilitas masyarakat sangat tinggi. Pencegahan Covid-19 harus dilakukan secara bersama-sama. Taati protokol kesehatan.

"Saya mengimbau masyarakat tetap tenang, tidak panik, selalu waspada, dan harus menaati protokol kesehatan guna mencegah penularan Covid-19," tandasnya.

Usai pencanangan Kampung Siaga Candi, Kapolda bersama rombongan juga menyempatkan melakukan penebaran benih ikan di Desa Nglinggi. Kegiatan dilanjutkan dengan melaksanakan panen raya padi di Desa Ponggok dan panen raya ikan air tawar di Desa Nganjat, Kecamatan Polanharjo. (Lia/Sit)

Credits

Bagikan