Bus Wisata Aman Dengan SOP Covid-19

user
danar 19 Juli 2020, 23:10 WIB
untitled

YOGYA, KRJOGJA.com - DPD Himpunan Pengusaha Pribumi Indonesia (HIPPI) DIY menggelar wisata gratis Sosialisasi Kebangkitan Pariwisata Sehat DIY, Minggu (19/7/2020). Moda transportasi bus pariwisata dipilih untuk memberikan rasa aman dan nyaman bagi wisatawan dengan menerapkan protokol kesehatan Covid-19.

"Sebanyak 200 orang dengan menggunakan 6 bus mengikuti wisata yang melibatkan masyarakat dan berbagai lini pariwisata di Yogya," tutur Ketua Panitia acara, Ami Seno Sanjaya kepada KRJogja.com sesaat sebelum start pemberangkatan bus wisata di Bakpia Jogkem Yogya

Perjalanan wisata dengan tujuan Bandara YIA, lewat terowongan dan istirahat makan siang di pantai Goa Cemara. "Peserta dari kelompok kampung, kelompok instansi, hingga kelompok pengajian yang tahu kondisi kesehatan satu sama lain," jelasnya.

Ketua DPD HIPPI DIY Sarbini menyatakan kesiapan pelaksanaan kegiatan pariwisata dengan standar Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB) terlihat dalam kegiatan ini. "Wisata ideal saat Covid-19 dengan bus pariwisata fasilitas mulai dari transportasi hingga tempat makan sesuai standar AKB," tegas Sarbini.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika DIY Rony Primanto melepas peserta sekaligus memberikan sosialisasi aplikasi Jogja Pass untuk menjamin rasa aman dan nyaman bagi wisatawan.

"Jogja Pass aplikasi ID digital, setiap orang didata. Sehingga saat melakukan kegiatan bersama semua merasa aman karena tahu beraktivitas dengan siapa, bagaimana kondisinya, serta apa yang dilakukan," tuturnya.

Aplikasi ini diharapkan menjadi syarat kegiatan wisata di Yogyakarta. "Jogja Pass bisa diunduh di ponsel pintar, wisatawan mendapatkan QR Code sebagai pengganti ID. "Ke depannya QR Code ini bisa diterapkan di seluruh kegiatan yang menyebabkan kerumunan seperti mal atau kafe," jelasnya. (R-4)

Credits

Bagikan