Siswa Bebas Eksplorasi Lewat Pelajaran Seni Daring

user
tomi 16 Juli 2020, 18:09 WIB
untitled

YOGYA KRJOGJA.com - Pembelajaran jarak jauh atau daring tetap bisa diterapkan untuk pelajaran seni budaya. Meskipun sebetulnya pelajaran seni budaya 75% praktik, namun di masa pandemi tetap bisa berlangsung secara daring.

Siswa mendapat kebebasan untuk mengeksplore tema yang disampaikan oleh guru. Hal ini diceritakan oleh guru Seni Budaya SMPN 15 Yogyakarta Ani Rahmawati SPd, Kamis (16/7/20). "Terlebih dahulu guru menyampaikan tema, kemudian siswa mendapat kebebasan untuk mengeksplore tema dari guru, " kata Ani.

Siswa mengerjakan dan menyelesaikan tugas pada jam matapelajaran itu juga. Biasanya kendala adalah pada kuota internet siswa ketika akan mengirimkan video tugasnya kepada guru.

Menurut Ani Rahmawati karena pelajaran seni budaya itu 75% praktik sebetulnya lebih sempurna kalau pelajaran dengan tatap muka. Akan tetapi karena kondisi pandemi maka Ani Rahmawati berusaha agar pelajaran seni budaya menjadi kegiatan menyenangkan bagi siswa, meskipun lewat daring.

"Itu yang sudah dilakukan tahun pelajaran yang lalu dan akan diterapkan pada tahun pelajaran 2020/2021. Untuk pelajaran tari sebelum menggunakan iringan musik terlebih dahulu menggunakan hitungan. Kemudian siswa bebas mengeksplore gerak tarian sesuai tema."

Ani bertindak sebagai model pada video yang disampaikan pada siswa. Berpedoman dari model, siswa bisa mengembangkan sendiri tarian tersebut. Membuat video kemudian dikirimkan kepada guru di jam pelajaran seni budaya itu juga.

Tarian yang diajarkan tari tradisi yang ada di Indonesia. Tidak terpaku pada tari Jawa. Siswa bebas dalam menggunakan musik iringan. Dalam mengirimkan video tugasnya, siswa juga ada yang menari dan menyanyi mengenakan kostum sesuai temanya. (War)

Credits

Bagikan