Ketat, Seleksi Calon Penerima Perpanjangan BLT Dana Desa

user
tomi 16 Juli 2020, 16:07 WIB
untitled

KARANGANYAR, KRJOGJA.com - Seleksi calon penerima Bantuan Langsung Tunai bersumber Dana Desa (BLTDD) untuk jatah Agustus-Oktober 2020 bakal lebih ketat. Babinsa dan Babinkamtibmas masuk dalam tim musyawarah desa (musdes) untuk memastikan kepantasan penerimanya.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (Dispermasdes) Karanganyar, Agus Heri Bindarto mengakui masih muncul pendataan kurang valid pada pelaksanaan BLTDD bulan Mei-Juli 2020. Dari seharusnya berjumlah penerima sama tiap bulan, faktanya mengalami perubahan. Duplikasi bantuan pada penerima yang sama menyebabkan problem tersebut. Ia menyebut, terdapat 13.991 penerima BLTDD pada Juni. Namun jumlah ini berubah menjadi 13.597 penerima pada Juli.

“Selama tiga bulan ini terus dievaluasi. Karena tiga bulan ke depan masih menerima, maka datanya harus valid. Tidak boleh lagi ada penerima yang mendapatkan dobel BLTDD dan BST. Harus salah satu saja. Maka, kami meminta pemerintah desa membentuk desk khusus. Di dalamnya melibatkan orang-orag yang benar-benar paham kondisi warga,” katanya kepada wartawan usai menyerahkan secara simbolis BLTDD tahap II jatah Juli 2020 di aula Kecamatan Jumantono, Rabu (15/7).

Dalam penyaluran kali ini, total anggaran Rp 8.158.200.000. Adapun penerima BLTDD Agustus-Oktober 2020 ditentukan melalui musyawarah desa khusus. Sangat dimungkinkan penerimanya berlainan dari tahap II. Babinsa dan Babinkamtibmas desa ikut memberi masukan tentang kondisi riil warga calon penerima bantuan. “Yang tahu persis warga itu selain perangkat desa, adalah babinsa dab babinkamtibmas. Bisa jadi seorang kadus malah enggak paham warganya,” katanya.

Sementara itu pencairan BLT DD tahap II jatah bulan Juli dilaksanakan serentak yang dipusatkan di kantor kecamatan Jumantono, Mojogedang, Matesih, Jumaplo dan Jatiyoso. Sedangkan 12 kecamatan lainnya disalurkan ke masing-masing desa. Bank Jateng selaku operator pendistribusian menyerahkannya secara cash and carry.

Per penerima berhak Rp 600 ribu. Sedangkan untuk Agustus-Oktober, per penerima berhak Rp 300 ribu. Perpanjangannya sesuai Peraturan Menteri Desa PDTT Nomor 7 tahun 2020 tentang Perubahan Kedua atas Permendesa PDTT Nomor 11 Tahun 2019 tentan Prioritas Penggunaan Dana Desa tahun 2020. (Lim)

Kredit

Bagikan