Gedung DPRD DIY Disemprot Disinfektan

user
tomi 16 Juli 2020, 15:06 WIB
untitled

YOGYA, KRJOGJA.com - Gedung DPRD DIY di Jalan Malioboro disemprot disinfektan oleh tim Detasemen Gegana Unit Kimia Polda DIY, Kamis (16/7/2020). Penyemprotan dilakukan untuk memastikan wilayah gedung dewan steril setelah sebelumnya mendapat kunjungan anggota DPRD Jawa Tengah yang salah satu anggotanya meninggal dunia dalam status Pasien Dalam Pengawasan (PDP).

Kabagops Sat Brimob Polda DIY, Kompol Agus Mulono mengatakan sterilisasi menggunakan cairan disinfektan dilakukan setelah adanya kunjungan anggota DPRD Jateng Selasa (14/7/2020) lalu. Komandan Sat Brimob Polda DIY, Kombes Polisi Imam Suhadi sebelumnya melakukan koordinasi dengan stakeholder untuk segera dilakukan sterilisasi terlebih melihat gedung dewan yang kerap dikunjungi masyarakat.

“DPRD selama ini menjadi tempat masyarakat menggelar pertemuan dan berkoordinasi. Kami dalam hal ini mendukung upaya meminimalisir penyebaran virus yang terjadi di gedung wakil rakyat DIY ini,” ungkap Agus usai penyemprotan.

Tim Gegana menerjunkan 15 personil dalam upaya sterilisasi. Tim menyebar ke seluruh ruangan termasuk selasar dan daerah yang kerap dialui orang dan berpotensi terdapat bakteri atau virus.

Sekretaris Komisi A DPRD DIY, Retno Sudiyanti menyampaikan penyemprotan disinfektan sangat membantu kenyamanan anggota dewan saat bertugas. Apalagi, beberapa waktu belakangan aktivitas tamu yang datang ke DPRD DIY sudah mulai kembali seperti sediakala.

“Bagaimanapun, upaya apapun harus dilakukan untuk mencegah penyebaran virus di masa pandemi ini. Apalagi kan kantor dewan ini sangat sering mendapat kunjungan tamu yang tak diketahui membawa apa meski sudah dicek suhu tubuhnya ataupun kesehatannya,” ungkap Retno.

Sementara Wakil Ketua DPRD DIY, Huda Tri Yudiana menyampaikan apresiasi atas inisiatif Polda DIY membantu pencegahan penyebaran virus melalui penyemprotan disinfektan. Pihak sekretariat DPRD DIY menurut Huda sudah berusaha melakukan penerapan protokol kesehatan selama ini termasuk membersihkan area pertemuan dengan disinfektan.

“Penyemprotan ini menyempurnakan apa yang sudah berusaha dilakukan tim gedung di DPRD DIY selama ini karena peralatan dari tim Gegana lebih komplit menjangkau semua bagian. Mudah-mudahan semua lebih aman dan nyaman berada di rumah wakil rakyat,” terang Huda. (Fxh)

Credits

Bagikan