Ganti Rugi Pengadaan Tanah Rel KA Bandara Segera Dibayarkan

user
danar 16 Juli 2020, 13:19 WIB
untitled

KULONPROGO, KRJOGJA.com - Ganti rugi pengadaan tanah untuk pembangunan jalur rel Kereta Api (KA) bandara Yogyakarta International Airport (YIA) yang sempat terunda di masa pandemi Covid-19 segera dibayarkan secara bertahap mulai Jumat (17/7/2020).

Kepala Seksi Pemerintahan atau Jagabaya Kalurahan Kaligintung, Winaryo Riyadi yang dihubungi, Kamis (16/7/2020) sebanyak lima warga mendapat undangan untuk menerima ganti rugi tanah yang terkena pembangunan jalur rel KA bandara.

“Ada lima warga pemilik tanah di Kaligintung yang diundang untuk menerima ganti rugi tanah yang terkena jalur rel KA ke kapanewon, besok (Jumat 17/7),” ujar Winaryo Riyadi.

Sebelumnya, Panewu Kapanewon Temon, Djaka Prasetyo bersama Lurah Kalidengen, Sunardi dan Lurah Kulur Adi Nugroho mengungkapkan secara bertahap tanah terkena pembangunan jalur rel KA bandara di empat kalurahan secara bertahap segera dibayarkan.

Untuk ganti rugi yang dibayarkan Jumat (17/7/2020), kata Djaka Prasetya sekitar 56 bidang tanah. “Meliputi 20 bidang tanah di Kalidengen, 28 bidang di Glagah dan 8 bidang tanah di Kaligintung,” ujar Djaka Prasetyo.

Surat undangan untuk pemilik tanah yang berhak menerima ganti rugi sudah dipersiapkan. Untuk menghindari kerumunan dan pencegahan penularan Covid-19 mentaati protokol kesehatan. Jadwal waktu dalam undangan dibagi menjadi lima gelombang.

Sunardi menjelaskan terdapat sebanyak 167 bidang tanah di Kalidengen yang terkena pembangunan jalur rel KA bandara. Ganti rugi tanah yang telah dibayarkan Dirjen Perkeretaapian Kemenhub baru sekitar 111 bidang.

Di Kalurahan Glagah sekitar 200 bidang tanah yang sudah dibayarkan baru sekitar 27 bidang dan di Kulur yang bersebelahan dengan Stasiun Kedundang 2 bidang tanah. Keseluruhan tanah empat kalurahan sekitar 472 bidang, termasuk di Kaligintung.(Ras)

Credits

Bagikan