Puluhan Anggota DPRD Grobogan Tegang Ikuti Tes Swab

user
agus 16 Juli 2020, 13:32 WIB
untitled

GROBOGAN, KRJOGJA.com – Pasca diketahuinya Sekda Grobogan dr Ir HM Sumarno MSi positif Covid-19, sebanyak 50 anggota DPRD setempat, Kamis (16/07/2020) mengikuti tes swab di teras barat Gedung Paripurna I DPRD. Ketika menjalani tes swab, puluhan diantaranya tampak tegang.

“Jika merasa tegang, apakah bisa mempengaruhi hasil tes atau gimana,” tanya Ketua DPRD Grobogan Agus Siswanto SSos, kepada salah satu petugas medis, dr Pungki, sesaat sebelum dilakukan tes swab. Oleh dr Pungki dijawab tidak mempengaruhi hasil tes swab. “Hanya berpengaruh kurangnya cairan lendir di dalam hidung ketika akan diambil petugas,” jawab dr Pungki.

Ketua DPRD Grobogan Agus Siswanto mengatakan, kegiatan tes swab dilakukan sebagai tindak lanjut setelah Sekda Grobogan yang terkonfirmasi positif Covid-19. Untuk itu, pihaknya harus gerak cepat karena Sekda sempat rapat dengan anggota dewan pada Senin (13/07/2020) siang. “Bagi anggota Dewan yang tidak ikut tes swab, yang bersangkutan tiidak diperbolehkan mengikuti kegiatan Dewan, baik yang dilakukan di Grobogan maupun diluar daerah,” tegasnya.

Sehari sebelumnya, Bupati Grobogan Hj Sri Sumarni SH MM bersama Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) setempat juga melakukan hal sama. Mereka diambil sampel spesimen lendir hidung maupun tenggorokan di tenda yang didirikan di depan kantor wakil bupati. Selain uji swab, ada juga pelaksanaan rapid test yang diperuntukkan bagi puluhan ASN di lingkup Setda Grobogan.

Setelah menjalani uji swab, para kepala OPD, Kabag, dan mereka yang sempat berinteraksi langsung dengan Sekda dalam beberapa hari terakhir juga diminta menjalani isolasi mandiri selama tiga hari. Meski menjalani isolasi, namun para pejabat tetap bekerja dari rumah. “Mereka tetap bekerja seperti biasa. Hanya saja kerjanya pakai WhatsApp atau video call. Untuk pekerjaan atau urusan adminsitrasi yang tidak terlalu mendesak bisa dipending dulu sementara waktu,” ujarnya.

Sementara itu, Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan (GTPP) Covid-19 Grobogan Ir Endang Sulistyoningsih MT, menyebutkan, total kasus positif Covid-19 di daerahnya sampai saat ini sudah ada 188 orang. Rinciannya, 18 meninggal, 55 sembuh dan 115 masih dirawat. Dari 19 kecamatan yang ada, hanya satu kecamatan hingga saat ini masih nihil kasus positif corona. Yakni, Kecamatan Klambu. (Tas)

Credits

Bagikan