Tiga Hari Terakhir, Pasien Covid-19 Purworejo Bertambah Tiga

user
tomi 16 Juli 2020, 04:44 WIB
untitled

PURWOREJO, KRJOGJA.com - Jumlah pasien terkonfirmasi positif Covid-19 di Kabupaten Purworejo, bertambah tiga dalam tiga hari terakhir. Satu pasien pria warga Kutoarjo menjalani uji swab sepulang dari Makassar, sedangkan dua lainnya warga Kutoarjo dan Salatiga, terjaring dalam pemeriksaan swab yang dilaksanakan Puskesmas Butuh. Sementara itu, satu pasien berhasil sembuh.

Ketiganya dinyatakan positif berdasar hasil pemeriksaan sampel cairan tenggorok yang keluar pada Senin (13/7) dan Rabu (15/7). "Update terakhir pada Rabu (15/7), jumlah warga Purworejo terkonfirmasi positif menjadi 85," ungkap Jubir Gugus Tugas Covid-19 Purworejo, dr Tolkha Amarudin SP, kepada KRJOGJA.com, Rabu.

Hasil positif yang diumumkan Senin, milik seorang pria yang baru pulang dari tempatnya bekerja di Makassar. Sampai di Purworejo, ia mengeluh flu dan dites cepat, hasilnya reaktif. Uji swab dilakukan, dengan hasil positif Covid-19. Sementara dua pasien yang hasilnya keluar Rabu, adalah perempuan warga Kutoarjo, dan pria penduduk Argomulyo Salatiga.

Warga Salatiga itu bekerja pada seseorang di Kecamatan Butuh. Mereka terkonfirmasi positif setelah secara sukarela mengikuti tes swab di Kecamatan Butuh. "Awalnya kami adakan tes swab gabungan untuk wilayah Puskesmas Butuh dan Sruwoh, menindaklanjuti Rapid Diagnostic Test (RDT) KPU dengan hasil 23 spesimen reaktif, tapi kami bawa 46 Virus Transfer Media (VTM), jadi ada sisa, maka ditawarkan kepada masyarakat," terangnya.

Sejumlah warga ikut dan hasilnya dua terkonfirmasi positif. Sementara 23 pemilik RDT reaktif, justru hasil swab dinyatakan negatif Covid-19. "Para pasien kondisinya sehat dan tanpa gejala, sekarang menjalani isolasi mandiri di rumahnya, di bawah pengawasan tim gugus kecamatan. Kami terus telusuri kontak eratnya untuk antisipasi adanya penularan," tandasnya.(Jas)

Credits

Bagikan