Jumlah Motor di Jawa Tengah Capai Angka 15 Juta Unit

user
danar 15 Juli 2020, 20:10 WIB
untitled

SEMARANG, KRJOGJA.com - Pengguna kendaraan bermotor (ranmor) saat ini terus bertambah. Wilayah Pulau Jawa masih mendominasi populasi kendaraan dari seluruh Indonesia.

Dari data Korps Lalu-Lintas (Korlantas) Polri per 15 Juli 2020, tiga provinsi besar menjadi pemuncak jumlah populasi ranmor jenis sepeda motor yakni Jawa Timur, Jawa Tengah dan DKI Jakarta. Jumlah motor di Jawa Timur yakni 19.224.545, Jawa Tengah 15.924.197 dan DKI Jakarta 15.777.005.

Data tersebut mendapat perhatian dari Direktorat Lalu-Lintas Polda Jawa Tengah di mana wilayah tersebut menempati posisi kedua terbanyak dari seluruh Indonesia. Direktur Direktorat Lalu-Lintas Polda Jawa Tengah, Kombes Polisi Arman Achdiat mengatakan peringkat kedua untuk ranmor sepeda motor membawa konsekuensi tersendiri karena naiknya potensi kecelakaan.

“Data ini membuat kami harus memperhatikan pengaturan secara seksama demi mengurangi angka resiko kecelakaan. Kami terus berusaha mengintensifkan program pembinaan pengendara kendaraan bermotor,” ungkapnya melalui rilis tertulis, Rabu (15/7/2020).

Kepemilikan Surat Ijin Mengemudi (SIM) menjadi salah satu indikasi yang jadi tolok ukur Ditlantas Polda Jawa Tengah. Bila ada 15 juta lebih sepeda motor, Arman menganalogikan paling tidak terdapat 32 juta SIM C yang beredar di wilayah Jawa Tengah.

“Penting sekali bagi pengendara untuk memiliki SIM dan juga mengupdate pengetahuan berkendaranya. Inilah yang terus berusaha kami sampaikan, tentu tujuan akhirnya meminimalisir kecelakaan lalu-lintas dan menciptakan lalu-lintas teratur,” imbuhnya.

Dirlantas kembali mengajak konten kreator untuk membuat video edukasi yang saat ini dirasa jadi media paling menarik menyampaikan pesan ajakan. “Beberapa sudah dirilis tapi masih butuh lebih banyak lagi konten edukasi. Kami masih berharap siapa saja masyarakat untuk ikutan membuat konten,” pungkas dia. (Fxh)

Kredit

Bagikan