Penuh Sampah di Jalur Mudik Presiden Jokowi, Pelaku Bakal Ditindak

user
agus 15 Juli 2020, 15:24 WIB
untitled

KARANGANYAR, KRJOGJA.com - Sampah berserakan di sepanjang tepi Jl Adi Soemarmo Karanganyar dikeluhkan. Padahal jalur itu sering dilewati Presiden Jokowi saat mudik ke rumah keluarganya di Banyuanyar Solo maupun rute alternatif tamu-tamu kenegaraan dari Bandara Adi Soemarmo ke Kota Solo. Untuk menekan aksi liar pembuangan sampah, pelakunya bakal ditindak tegas.

Camat Colomadu Eko Budi Hartoyo berencana menugaskan anggota Satpol PP ke lokasi favorit pelaku membuang sampah sembarangan. Yakni di dekat exit tol Klodran. Bagi yang tertangkap basah membuang sembarangan langsung ditindak.

"Sekali tertangkap dibina di tempat. Kalau nekat, bakal dibawa ke kantor polisi," katanya kepada KR, Rabu (15/7).

Ia menduga pelakunya tak hanya warganya yang kurang teredukasi. Namun juga warga luar kota yang sering lewat di Jl Adi Soemarmo. "Sambil berangkat kerja sekalian buang sampah di sini. Dilempar begitu saja," katanya.

Sementara itu Koordinator Kebersihan Kecamatan Colomadu dari Badan Lingkungan Hidup (BLH) Karanganyar, Sumarso mengatakan telah menggerakkan para relawan untuk kerja bakti memungut sampah dalam beberapa hari terakhir. Mereka dari unsur relawan Colomadu, Babinsa, Babinkamtibmas dan Satpol PP. Sampah yang dipungut kemudian diangkut truk ke TPA Sukosari Jumantono. Jenis sampahnya tak hanya plastik bekas bungkus makanan dan patahan batang, namun sampai closet duduk dan ember bekas.

"Luar biasa sampahnya. Aktivitas pembuangan sampah sembarangan merusak pemandangan. Berserakan kemana-mana. Sampah rumah tangga hingga sampah bekas konstruksi bangunan," katanya.

Sampah berserakan di tepi jalan Adi Soemarmo kurang sedap dipangang. Padahal rute ini alternatif dari Bandara Adi Soemarmo ke Kota Solo. Tamu-tamu dari Ibu Kota juga sering melewatinya usai dari bandara maupun exit Tol Klodran dan Ngasem.

"Colomadu merupakan wajah Karanganyar di perbatasan paling barat. Pak Jokowi kalau mudik ke rumah keluarganya sering lewat Jl Adi Soemarmo. Melihat kondisi penuh sampah, kita berinisiatif memungutnya bersama teman-teman relawan, babinsa dan babinkamtibmas," katanya. (Lim)

Credits

Bagikan