900 Tenaga di Puskesmas Negatif Covid-19

user
danar 14 Juli 2020, 20:50 WIB
untitled

YOGYA, KRJOGJA.com - Pemkot Yogya berhasil menyelesaikan uji swab massal tahap pertama yang didukung oleh Pemda DIY dengan sasaran seluruh tenaga di puskesmas. Total ada sekitar 900 orang dengan hasil keseluruhan negatif Covid-19.

Ketua Harian Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kota Yogya Heroe Poerwadi, menjelaskan total ada 1.700 uji swab yang akan dilakukan secara massal. Tahap pertama menyasar seluruh tenaga di puskesmas mulai tim medis, petugas 'front office' hingga juru parkir. "Yang sudah swab ada 900an orang. Semua dari puskesmas dan hasilnya semua juga negatif," jelasnya, Selasa (14/7/2020).

Tenaga di puskesmas menjadi target swab massal pertama lantaran mereka tergolong kelompok rentan pertama yang terpapar virus corona. Hal ini karena menjadi tempat jujukan pertama pasien dengan berbagai riwayat sebelum dirujuk ke rumah sakit. Uji swab terhadap pelaku di puskesmas sudah digelar sejak awal Juli lalu.

Selanjutnya akan diikuti uji swab tahap kedua dengan sasaran rumah sakit kemudian petugas lapangan seperti Jogoboro, Sat Pol PP, camat maupun lurah. Ditargetkan seluruh uji swab dengan total target 1.700 orang bisa diselesaikan pada akhir bulan ini.

"Uji swab maupun rapid test acak kemarin menjadi satu kesatuan dalam memetakan kasus Covid-19 di Kota Yogya. Harapannya semua negatif sehingga kita lebih siap menghadapi tata kenormalan baru," urainya.

Sementara Sekretaris Dinas Kesehatan Kota Yogya Tri Mardoyo, belum bisa menargetkan kepastian waktu uji swab tahap selanjutnya. Hal ini karena perlu menunggu kebijakan dari DIY agar program tersebut selaras.(Dhi)

Credits

Bagikan