Cegah Penularan Virus Corona, Peralatan Kebersihan Diberikan untuk 73 Ponpes

user
danar 14 Juli 2020, 19:10 WIB
untitled

TEMANGGUNG, KRJOGJA.com - Sebanyak 73 pondok pesantren di Kabupaten Temanggung mendapat bantuan peralatan dan cairan disinfektan untuk mencegah penularan virus corona, Selasa (14/7/2020).

Bantuan tersebut antara lain berupa cairan disinfektan, sabun cuci tangan, masker kain , thermogun, spryer dan wastafel portable.

Juru bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Temanggung Gotri Wijiyanto mengatakan dari 73 ponpes yang mendapat bantuan itu terdapat sekitar 11,5 ribu santri. Yang terinci 10 ribu santri lokal dan 1500 santri dari luar kabupaten.

"Kami berharap bantuan dapat digunakan seoptimal mungkin guna mencegah penularan virus corona di ponpes," kata Gotri Wijiyanto disela penerimaan bantuan.

Dia mengatakan sesuai surat keputusan bersama 4 menteri, pondok pesantren sudah diperbolehkan melakukan aktivitas pembelajaran sedangkan sekolah formal menunggu zona hijau.

"Di Temanggung mendekati zona hijau. Kondisi mulai membaik. Jika masuk zona hijau, sehingga ada kebiasaan baru dari masyarakat dan aktivitas masyarakat dilakukan dengan protokol kesehatan," kata dia.

Dia menyampaikan pembelajaran di ponpes diterapkan dengan protokol kesehatan ketat, untuk mencegah penularan virus corona, seperti adanya sosial distancing dan ada sirkulasi udara baik di ruangan tertutup.

Dia mengatakan tentang pemulihan ekonomi, yang pertama menjadi tolak ukur adalah penjualan dan pembelian tembakau di musim tembakau. " Semoga kondisi semakin membaik dan jual beli tembakau berjalan baik dengan penerapan protokol kesehatan," katanya. (Osy)

Credits

Bagikan