Pengunjung Masih Dibatasi, Uji Coba Obwis Sebulan

user
tomi 14 Juli 2020, 12:33 WIB
untitled

BANTUL, KRJOGJA.com - Objek wisata di Kabupaten Bantul melakukan masa uji coba selama satu bulan. Beberapa objek wisata mulai dibuka dengan menerapkan protokol kesehatan Covid-19.

Kepala Dinas Pariwisata Bantul Kwintarto Heru Prabowo, Senin (13/7), menuturkan dua tempat yang melakukan uji coba di antaranya Wisata Gerbang Banyu Langit dan Kebon Pring di Desa Srimulyo Piyungan Bantul. "Langkah Forum Pokdarwis Kecamatan Piyungan patut diapresiasi. Sebab kepentingan kesehatan harus beriringan dengan kepentingan ekonomi di era kenormalan baru. Sehingga sarana untuk mendukung protokol kesehatan Covid19 harus benar-benar disiapkan. Sebelum membuka objek wisata,” jelasnya.

Adapun penerapan protokol kesehatan juga disertai dengan pembatasan jumlah kunjungan wisatawan. “Tapi risikonya berdampak terhadap turunnya pendapatan pariwisata dan ekonomi masyarakat,” tegas Kwintarto.

Diungkapkan, pada masa uji coba selama 1 bulan ini diharapkan pengelola objek wisata lain di Kecamatan Piyungan melakukan pengamatan. Berdasarkan hasil pengamatan dapat menjadi gambaran pengelolaan objek wisata masing-masing.

Terpisah, Ketua Forum Komunikasi Pokdarwis Kecamatan Piyungan, Hidayat Faisal Fallah, menuturkan dua destinasi wisata yakni Wisata Gerbang Banyu Langit dan Kebon Pring di Desa Srimulyo Piyungan Bantul paling

siap melakukan uji coba secara terbatas, dibandingkan dengan destinasi lain di Kecamatan Piyungan. Dua destinasi ini menjadi model pengelolaan destinasi wisata di era kenormalan baru.

"Untuk mendukung protokol kesehatan dan pencegahan penularan Covid-19, pengelola harus mengeluarkan biaya tambahan untuk sarana cuci tangan dan thermal gun. Sementara di sisi lain jumlah pengunjung dibatasi maksimal 400 setiap hari,” tuturnya. (Aje)

Credits

Bagikan