Di Purworejo Wajib Masker, Melanggar Bakal Terkena Denda

user
danar 13 Juli 2020, 20:10 WIB
untitled

PURWOREJO, KRJOGJA.com - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Purworejo akan segera menerapkan Peraturan Bupati (Perbup) tentang pelanggaran penggunaan masker di tempat umum. Warga yang kedapatan tidak menggunakan masker akan dikenakan denda sebesar Rp 50.000.

“Mulai sekarang sudah tidak ada toleransi lagi, tidak sekedar dikasih masker, tapi akan langsung didenda jika kedapatan tidak memakai masker saat beraktifitas di luar rumah,” kata Bupati Purworejo Agus Bastian SE MM, Senin (13/7/2020).

Penerapan Perbub ini katanya, karena masih sering didapati warga masyarakat saat beraktifitas di luar rumah tidak mengenakan masker. Jika Perbup ini tidak segera diterapkan, maka orang terdekat dapat terpapar Covid-19.

Di sela-sela kunjungan kerja ke sejumlah desa di Kecamatan Grabag Agus Bastian menjelaskan, bahwa di era aktifitas kebiasaan baru (new habit), masyarakat diminta untuk tetap menerapkan protokol kesehatan ketika beraktifitas diluar rumah. Memakai masker, rajin cuci tangan pakai sabun, dan jaga jarak fisik. Apalagi WHO telah mengumumkan bahwa saat ini penularan Covid-19 melalui udara (airborne transmission).

“Kedepan Pemkab akan lebih tegas lagi dalam menegakkan Perbup terkait penggunaan masker. Pemkab akan segera memberlakukan sanksi denda bagi pelanggar yang nekat tidak memakai masker,” tandas Agus Bastian yang sempat meresmikan Musala Hidayatul Musaafirin di Desa Harjobinangun Grabag.

Diakui, tidak mudah menjaga kesehatan seluruh masyarakat. Diperlukan kesamaan visi dan kesadaran yang sama untuk saling manjaga agar dapat memutus mata rantai penyebaran Covid-19. (Nar)

Credits

Bagikan