Orangtua Perlu Aktif Mendampingi Selama MPLS Berlangsung

user
agus 13 Juli 2020, 15:11 WIB
untitled

YOGYA, KRJOGJA.com - Pelaksanaan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) diputuskan dilakukan secara daring (online). Sedangkan materi yang dikemas meliputi profil sekolah, motivasi belajar di masa pandemi, wawasan kebangsaan, kesehatan dan pendidikan karakter.

”Sesuai surat edaran Kepala Disdikpora DIY, MPLS dilaksanakan selama tiga hari dan dikemas secara daring. Karena guru tidak bisa mengawasi secara optimal, sehingga perlu keterlibatan orangtua untuk melakukan

pengawasan dan pendampingan,” kata Kabid Perencanaan dan Pengembangan Mutu Pendidikan Disdikpora DIY, Didik Wardaya MPd, Sabtu (11/7).

Didik mengungkapkan, supaya materi dalam MPLS mudah dipahami siswa dan target bisa terpenuhi, Disdikpora DIY meminta guru bisa mengemas materi pembelajaran secara kreatif dan menarik.

Dengan begitu, siswa termotivasi untuk lebih rajin dalam belajar dan berupaya mengembangkan potensi yang dimiliki. Adapun bentuk materi pembelajaran dalam MPLS itu bisa dikemas lewat video, zoom serta berbagai cara yang lain sesuai kondisi di lapangan.

”Meski mungkin dianggap baru, tapi saya kira guru, siswa maupun sekolah di DIY bisa cepat menyesuaikan diri dengan model pembelajaran daring. Adapun tugasnya sebaiknya dikemas sederhana, membuat ringkasan dar materi yang disampaikan,” papar Didik Wardaya.

Didik menambahkan, kondisi sekolah dan siswa yang cukup beragam secara tidak langsung menjadi tantangan tersendiri bagi guru dalam menyampaikan materi pembelajaran. Terlebih dimasa pandemi Covid-19 seperti sekarang dimana protokol kesehatan harus diterapkan secara ketat.

”Kesuksesan pelaksanaan MPLS tidak sekadar tanggungjawab guru dan sekolah, tapi orangtua juga dituntut berperan aktif. Karena tanpa dukungan orangtua, target yang diinginkan tidak

maksimal,” ungkapnya.

Credits

Bagikan