Warga Wonorejo Tanam 500 Pohon di Bantaran Boyong

user
danar 12 Juli 2020, 14:30 WIB
untitled

SLEMAN, KRJOGJA.com - Warga Padukuhan Wonorejo Hargobinangun Pakem Sleman melakukan gerakan konservasi air di bantaran Sungai Boyong, Minggu (12/7/2020). Mereka menanam 500 pohon dari beberapa jenis di bantaran sungai sebagai upaya mempertahankan kelangsungan cadangan air di lereng Merapi tersebut.

Warga merasakan keresahan karena sumber mata air di kawasan lereng Merapi kini mulai menghilang. Bersama para pegiat pelestari sungai yang berhimpun dalam Forum Komunitas Sungai Sleman (FKSS), warga berusaha melestarikan sekaligus menjaga lingkungan mereka demi terpenuhinya kebutuhan air bersih serta merawat keasrian alam pegunungan.

Kadus Wonorejo Monica Esti mengatakan upaya menjaga lingkungan dengan terus menanam dan merawat pohon merupakan sebuah keharusan. Warga cukup antusias meski harus berbagi kepentingan dengan adanya rencana jalur wisata jeep di kawasan tersebut.

“Kami menyambut dan mendukung gerakan masyarakat untuk terus melindungi lingkungan. Harapannya pohon-pohon ini nantinya tumbuh dan bisa menyimpan cadangan air serta membawa kemanfaatan untuk warga,” ungkapnya.

Seorang warga Wonorejo Slamet Riyadi mengungkapkan air untuk kehidupan masyarakat dan masyarakat padukuhan kami mayoritas petani. "Air sungai boyong ini selain untuk air minum dalam pertanian juga diperlukan warga masyarakat di bawah dusun wonorejo yang sumber alur sungainya dari sini," ujarnya.

Ada 500 pohon yang ditanam di kawasan bantaran Sungai Boyong Hargobinangun kali ini yakni pohon gayam dan beringin masing-masing 40 bibit juga tiga jenis pohon buah, yakni durian, alpokat dan manggis, masing-masing 140 bibit. Harapannya pohon-pohon nantinya bisa menyimpan cadangan air serta mampu memberi manfaat sekaligus pendongkrak ekonomi bagi masyakat sekitar.

Pengadaan bibit pohon konservasi dan pohon buah ini merupakan kerjasama dari FKSS, DLH Sleman dan CSR Bank BPD DIY Sleman. Tahun 2020 ini ada 2.500 bibit pohon konservasi dan pohon buah yang dibagikan dan tersebar di 5 titik bantaran sungai di wilayah Kabupaten Sleman, yakni bantaran Sungai Krasak, Sungai Adem Turi, Sungai Tepus Wukirsari, Sungai Bedog Dowangan dan Sungai Boyong Wonorejo. (Fxh)

Credits

Bagikan