Akumulasi Kasus Positif Corona di Sukoharjo Tembus 100 Orang

user
danar 12 Juli 2020, 12:30 WIB
untitled

SUKOHARJO, KRJOGJA.com. - Jumlah kasus positif virus corona di Sukoharjo secara akumulasi tembus 100 orang. Peningkatan juga terjadi terhadap orang tanpa gejala (OTG) 859 orang, Orang dalam pemantauan (ODP) 737 orang dan pasien dalam pengawasan (PDP) 23 orang. Penanganan sudah dilakukan Gugus Tugas Percepatan Penanganan Virus Corona Sukoharjo dimana angka tingkat kesembuhan kasus positif virus corona juga terus bertambah.

Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Virus Corona Sukoharjo Yunia Wahdiyati, Minggu (12/7/2020) mengatakan, perkembangan terakhir data kasus virus corona Sukoharjo diketahui total positif sebanyak 100 orang. Rinciannya, sembuh 76 orang, isolasi mandiri 5 orang, dirawat 13 orang dan meninggal 6 orang. Kasus positif virus corona tersebut terus mengalami peningkatan selama satu minggu terakhir.

Penambahan terjadi salah satunya karena faktor penularan dari pemudik. Penambahan total kasus positif virus corona juga berdampak pada peningkatan pasien dirawat. Apabila satu minggu sebelumnya hanya dibawah 10 orang maka sekarang tembus 13 orang. Perawatan medis dilakukan di rumah sakit rujukan virus corona.

“Secara umum ada peningkatan total kasus positif virus corona 100 orang. Tapi dari jumlah itu kosentrasi petugas hanya tertuju pada 18 orang saja, rinciannya 5 isolasi mandiri dan 13 dirawat,” ujarnya.

Gugus Tugas Percepatan Penanganan Virus Corona Sukoharjo sekarang melakukan pemantauan penuh terhadap total 18 orang positif virus corona. Petugas memantau penuh kondisi pasien baik yang melakukan isolasi mandiri maupun dirawat di rumah sakit.

“Dilihat dari data akumulasi memang tinggi ada 100 orang positif virus corona. Tapi disisi lain, angka kesembuhan juga tinggi sebanyak 76 orang. Gugus Tugas terus berusaha menekan hingga nol kasus dan mudah mudahan sebanyak 18 orang tersebut bisa sembuh sembuh dan Sukoharjo segera mengakhiri Kejadian Luar Biasa (KLB) virus corona,” lanjutnya.

Data Gugus Tugas Percepatan Penanganan Virus Corona Sukoharjo juga diketahui angka sebanyak 859 OTG secara rinci, 4 orang merupakan kasus baru dan 855 orang kasus lama. Dari jumlah total tersebut sebanyak 719 sudah selesai dilakukan pemantauan. Sedangkan ODP total 737 orang, rinciannya, 684 selesai pemantauan selama 14 hari, 39 orang isolasi mandiri, 9 rawat inap di rumah sakit dan 5 meninggal.

Yunia mengatakan, kondisi di Sukoharjo sekarang hingga 31 Juli masih berstatus KLB virus corona. Perkembangan terus dipantau dan diharapkan kasus yang ada segera selesai.

“Apabila memang hingga 31 Juli masih ada kasus maka kemungkinan KLB masih bisa diperpanjang, namun itu juga masih ada dibahas oleh gugus tugas,” lanjutnya. (Mam)

Credits

Bagikan