Mau Menggali Makam Malah Temukan Arca Tanpa Kepala

user
tomi 10 Juli 2020, 11:07 WIB
untitled

BOYOLALI, KRJOGJA.com - Tujino (52) yang juga Ketua RT 24 RW 2, Desa Dukuh, Kecamatan Banyudono Kabupaten Boyolali Jawa Tengah menemukan arca saat menggali makam desa setempat. Arca yang ditemukan hanya bagian bawah, tinggi sekitar 60cm dan lebar 40cm.

"Saat digali, posisi patung terbalik, yang telihat dulu bagian dasarnya. Lalu dicoba dikeluarkan. Ternyata merupakan patung," ujar Tujino,Jumat (10/7/2020).

Dia mengatakan meski tidak terlalu besar, patung dinilai cukup berat. "Harus dua orang untuk mengangkatnya. Kemarin dari makam ke rumah warga diangkut dengan gerobak," katanya.

Patung yang ditemukan kondisinya tidak utuh. Hanya bagian kaki patung saja. Sedangkan bagian patung lainnya tidak ditemukan. Patung terbuat dari batu utuh. Dia mengaku penemuan tersebut sudah diketahui oleh aparan pemerintah setempat. Baik dari aparat desa, kecamatan hingga kabupaten. Untuk sementara patung masih disimpan di rumah warga. Meskipun untuk langkah selanjutnya dia belum mengetahui.

Dia mengaku untuk wilayah desa Dukuh sudah beberapa kali ada penemuan patung karena wilayah Pengging bekas kerajaan. Namun, tidak keberatan jika nantinya patung akan diambil pemerintah. Sebab warga juga khawatir jika tidak disimpan di tempat aman, patung akan hilang dan menjadi tanggungan warga.

Kepala Bidang Kebudayaan Boyolali, Budi Prasetyaningsih, mengatakan di wilayah Dukuh maupun di Boyolai secara umum, sudah beberapa kali ditemukan barang cagar budaya. Pihaknya pun sudah melakukan pendataan. Sebgian saat ini disimpan di museum di Boyolali. Terkait patung yang baru saja ditemukan warga, pihaknya juga mengaku sudah meninjau langsung untuk dilakukan pendataan.

" Katanya mau dibawa ke museum,tetapi kapan kami tidak tahu.Kewajiban kami adalah melaporkan,selanjutnya tentu kewenangan dari Pemkab," terang Budi Prasetyaningsih. (*-1/Sit)

Credits

Bagikan