4 Polisi Sembuh Covid di DIY Bantu Pasien Lain dengan Plasma Konvalesen

user
danar 08 Juli 2020, 09:10 WIB
untitled

SLEMAN, KRJOGJA.com - 4 polisi dari Polda DIY yang telah sembuh dari Covid-19 menjalani program plasma konvaselen di RSUP Dr Sardjito, Rabu (8/7/2020). Darah keempat polisi ini akan diberikan pada pasien-pasien positif karena dinilai memiliki antibodi setelah dinyatakan sembuh.

Kepala Bagian Hukum dan Humas RSUP Dr Sardjito, Banu Hermawan mengatakan empat polisi tersebut merupakan bagian dari kasus positif siswa pendidikan perwira Selopamioro. Keempatnya tercatat sempat menjadi pasien positif Covid sebelum akhirnya dinyatakan sembuh.

“Hari ini mereka mengikuti penelitian plasma konvalesen sebagai wujud pengabdian pada masyarakat. Pagi ini dijadwalkan mereka akan diambil darahnya di Unit Pelayanan Transfusi Darah,” ungkap Banu pada wartawan.

Sardjito menurut Banu sudah melakukan uji klinis terkait prosedur plasma konvalesen sehingga darah keempat polisi tersebut nantinya akan disalurkan pada pasien-pasien yang masih positif Covid-19. Darah pasien sembuh diteliti memiliki antibodi yang bisa melawan virus di dalam tubuh.

“Kita sudah memulai uji klinis, tentu sembari terus berjalan penelitiannya. Darah keempat anggota polisi ini akan disalurkan ke pasien positif,” sambung Banu.

Terapi plasma konvalesen sendiri merupakan metode klasik yang sudah digunakan sejak lama tercatat pada masa Flu Spanyol dan Ebola. Plasma darah pasien sembuh disalurkan pada pasien lain yang masih positif virus dengan harapan antibodi pasien sehat membantu penyembuhan. (Fxh)

Kredit

Bagikan