Adakan Pilkada saat Covid-19, KPU Butuh Dana Rp4,3 Miliar

user
tomi 16 Juni 2020, 20:11 WIB
untitled

WONOSARI, KRJOGJA.com - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Gunungkidu mengeluarkan Surat Keputusan pencabutan penundaan tahapan pilkada. Sehingga sekarang ini kembali dimulai untuk proses tahapan pilkada di Gunungkidul. Bahkan sesuai dengan edaran KPU RI, dilakukan efisiensi atau optimalisasi kegiatan. Karena kebutuhan untuk Alat Pelindung Diri (APD) sebagai salah satu upayan pencegahan Covid-19 di penyelenggaraan pilkada membutuhkan biaya Rp 4,3 miliar.

“KPU Gunungkidul melakukan optimalisasi kegiatan sehingga mampu efisien sebesar Rp 1,9 miliar,” kata Ketua KPU Gunungkidul Ahmadi Ruslan Hani, Selasa (16/06/2020).

Dalam kondisi ini, pemkab Gunungkidul juga sudah menyepakati memberikan alokasi tambahan Rp 1,6 miliar. Sehingga lanjut Ahmadi, untuk menutup kekurangan kebutuhan APD diajukan tambahan anggaran ke APBN senilai Rp 1 miliar. Untuk tahapan yang paling dekat yakni berupa pelantikan PPK/KPPS.

Ahmadi menjelaskan prosedurnya sesuai dengan aturan kini langsung diperbolehkan diberikan surat keputusan. Tanpa mengumpulkan massa untuk dilakukan pelantikan secara bersama-sama. “ Sesuai aturan sudah ada aturan, dalam melantik PPS maupun KPPS nantinya,” imbuhnya.

Diungkapkan, sejumlah agenda yang segera dilaksanakan selain pelantikan PPS juga verifikasi syarat dukungan pasangan calon perseorangan. Serta pembentukan Petugas Pemutakhiran Data Pemilih dan penyusunan daftar pemilih. “ KPU Gunungkidul telah menerbitkan SK Nomor 93/PL.01.03-Kpt/3403/KPU-Kab/VI/2020 tentang Penetapan Pelaksanaan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Gunungkidul Lanjutan Tahun 2020,” ujarnya.

Ahmadi menambahkan, KPU juga akan melaksanakan sosialisasi secara intensif online. Karena memang untuk tahapan di masa pandemi Covid-19 dianjurkan untuk online. Nantinya untuk para penyelenggara pilkada harus melalui APD sehingga mendukung upaya pencegahan Covid-19. “ Termasuk dalam melaksanakan bimtek bagi PPS juga diselenggarakan secara online,” jelasnya. (Ded)

Kredit

Bagikan