Usaha Terhenti Karena Covid-19, Warga Disabilitas Terima Bantuan Pembaca KR

user
danar 02 Juni 2020, 19:10 WIB
untitled

SLEMAN, KRJOGJA.com - Sebanyak 50 warga penyandang disabilitas yang tergabung dalam Perkumpulan Penyandang Disabilitas Indonesia (PPDI) kawasan Manggungsari Wonokerto Turi Sleman mendapat bantuan pembaca KR. Mereka mendapat bantuan dari dompet KR karena terdampak pandemi Covid-19.

Bantuan diserahkan Wapemred KR yang juga koordinator Dompet KR Ahmad Luthfie, di Dusun Manggungsari , Wonokerto, Turi, Sleman, Selasa (2/6/2020). Bantuan berwujud paket sembako yang tiap paket berisi 5 kg beras, 1 kg gula pasir, 2 liter minyak goreng, 1 tepak teh dan masker.

Ketua PPDI Kecamatan Turi, Sumadi (44) menuturkan sekitar 50 anggota PPDI ini sekarang tidak dapat melakukan aktivitas ekonomi. Hal ini karena mereka seluruh aktivitas menjadi terhenti.

"Sebagian besar kami bermata pencaharian sebagai pedagang salak, penjahit, pembuat kerajinan botol bekas, pedagang bumbu dapur keliling dan sebagainya. Akibat pandemi ini kami tutup semua dagangan karena semua orang takut bertemu orang dan membeli. Kami bertahan hidup dari bantuan dan mengambil sedikit demi sedikit tabungan kami," keluhnya.

Dengan didatangkan bantuan dari Pembaca KR ini ia mengucapkan terimakasih kepada pembaca dan SKH KR yang telah peduli dengan komunitas ini.

Senada, Ratnaningsih (39) mengaku bantuan pembaca KR sangat bermanfaat bagi dirinya dan komunitasnya yang rata-rata merupakan penyandang disabilitas tuna daksa dan tuna netra.

Pihaknya memulai libur pada awal Maret hingga saat ini.

"Rata-rata penghasilan saya Rp 500 ribu/bulan jika hari normal kadang lebih kadang kurang. Sementara kami bertahan dengan mengharapkan bantuan dan tabungan," jelasnya.

Sebelumnya ia rutin menjahit seragam namun saat pandemi seragam. Saat ini ia terpaksa menghentikan seluruh aktivitasnya. Namun pada awal Juni ini pihaknya diminta menjahit Alat Pelindung Diri (APD) dan masker.

"Bantuan dari pemerintah dan desa yang didistribusikan tidak semua dapat bantuan maka kami berterimakasih kepada pembaca KR semoga bermanfaat dan berkah bagi semua," jelasnya. (Aje)

Kredit

Bagikan