Di Tengah Pandemi, Pemkab Bantul Tetap Gelontor Rp 30 Miliar Bagi Pilkada 2020

user
tomi 02 Juni 2020, 10:06 WIB
untitled

BANTUL, KRJOGJA.com -  Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bantul berkomitmen untuk mendukung Komisi Pemilihan Umum (KPU) Bantul dalam melaksanakan Pilkada yang rencananya berlangsung pada (9/13) mendatang.

Adapun dukungan diberikan dalam bentuk dana hibah anggaran kepada penyelenggara Pilkada yakni KPU dan Bawaslu Bantul. Adapun anggaran hibah senilai Rp 30 miliar ini masing-masing diberikan kepada KPU Bantul Rp 21,5 miliar dan Bawaslu Bantul sebesar R0 8,5 miliar

"Selain untuk KPU dan Bawaslu, Pemkab juga memberikan dukungan pengamanan melalui Satpol PP dengan anggaran sebesar Rp 1,3 Miliar," jelas Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Bantul, Helmi Jamharis, Senin (1/6).

Helmi menegaskan Pemkab Bantul siap mendukung dan mensosialisasikan pelaksanaan Pilkada yang dilaksanakan dengan protokol kesehatan.

Ketua KPU Bantul, Didik Joko Nugroho menjelaskan pelaksanaan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati akan kembali dimulai tahapannya pada (15 /6) mendatang.

"Mengingat situasi secara nasional maupun lokal masih dalam tahap pengendalian wabah Covid-19, maka setiap tahapan Pilkada akan dilaksanakan dengan protokol kesehatan yang ketat. Untuk kebutuhan protokol kesehatan ini saat ini KPU Bantul sedang melakukan invetarisasi kebutuhan serta menghitung anggaran untuk selanjutnya diusulkan ke KPU pusat melalui KPU DIY,"urai Didik.

Ditambahkannya, dalam pelaksanaan tahapan di tengah pendemi ini tentunya juga akan ada penyesuaian hal-hal teknis seperti pelaksanaan pencocokan dan penelitian (coklit), pelaksanaan kampanye, serta pelaksanaan pemungutan dan penghitungan suara. Prinsipnya kegiatan tahapan selain ketat dengan protokol kesehatan juga akan dilakukan modifikasi agar tidak terjadi kerumunan maupun terjadi peluang penularan Covid -19.

Ketua Divisi Partisipasi Masyarakat dan SDM KPU Bantul, Musnif Istiqomah menuturkan pelaksanaan dialog, diskusi dan rapat tersebut dilakukan secara virtual. Kegiatan ini diharapkan masyarakat dan para pihak terkait dapat mengetahui informasi secara utuh tentang rencana pelaksanaan tahapan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Bantul Tahun 2020. Adapun tema yang dibahas dalam diskusi ini yakni “Menakar Kesiapan Penyelenggaraan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Bantul ditengah pendemi Covid-19”. (Aje)

Kredit

Bagikan