Sultan Akhirnya Putuskan Siswa Sekolah Belajar di Rumah

user
danar 19 Maret 2020, 18:48 WIB
untitled

YOGYA, KRJOGJA.com - Gubernur DIY Sri Sultan HB X akhirnya memutuskan untuk memberlakukan kebijakan belajar di rumah bagi seluruh siswa DIY di semua tingkat. Keputusan tersebut dibuat sebagai upaya mengendalikan penularan virus Corona Covid-19 yang hingga Kamis (19/3/2020) sudah positif menginfeksi 4 warga DIY.

Kebijakan sekolah di rumah tersebut menurut Sultan berlaku mulai 23 Maret hingga 31 Maret mendatang. Nantinya, Sultan berjanji akan meninjau ulang kebijakan tersebut melihat efektivitas di lapangan.

“Sebelum tanggal 31 akan kita lakukan verifikasi bahwa program online Jogja Belajar ini efetif atau tidak. Disitu orangtuanya kita libatkan, di situ nanti kita akan lihat apakah ini masih bisa diperpanjang atau tidak, sebab kalau tidak efektif maka tidak diperpanjang dan berarti kembali ke semula,” terang Sultan usai rapat dengan dinas pendidikan se-DIY.

Sultan menekankan bawasanya dalam kebijakan memindahkan belajar daring ini keluarga memiliki peranan penting untuk memberikan dukungan riil di rumah. Orangtua diharapkan bisa memberi ruang anak-anak untuk turut belajar, menjaga diri, dan jangan sampai malah berubah subjek menjadi turis untuk berwisata.

“Di sisi lain, masyarakat diharapkan tetap mematuhi imbauan untuk menunda pertemuan atau menggelar agenda yang memungkinkan adanya interaksi atau kerumunan massa,” tandas Sultan.

Hingga Kamis (18/3/2020) petang ini, tercatat 31 orang yang paling rentan terpapar sudah menjalani tes swab. Hasilnya, 4 orang dinyatakan positif dan mendapatkan perawatan intensif di rumah sakit rujukan, 15 lainnya negatif sementara 18 lainnya masih menanti hasil lab. (Fxh)

Kredit

Bagikan