Ganjar Pranowo Ambil 5 Kebijakan ini Cegah Corona, Apa Saja Itu?

user
tomi 19 Maret 2020, 11:33 WIB
untitled

PEMERINTAH Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Tengah berupaya mencari solusi untuk mengantisipasi mewabahnya virus Korona. Pemprov Jateng juga tidak segan-segan untuk meniru negara Korea Selatan (Korsel) dalam menangani wabah Korona. Langkah yang dimaksud adalah :

1. Tambah Masker dan Hand Sanitizer

Gubernur Jateng Ganjar Pranowo kepada wartawan di Semarang Rabu (18/3) mengatakan pengalaman di Korsel maskernya sehari diproduksi 10 juta dinaikkan menjadi 14 juta. Jateng bisa meniru cara Korsel menangani wabah Corona (Covid-19).

Menurut Ganjar, pihaknya juga menambah persediaan hand sanitizer yang selama ini terbatas produksinya lantaran alkoholnya yang juga terbatas, yaitu dengan memproduksi sendiri. Menyusul di beberapa perguruan tinggi dan SMK yang berhasil menemukan berbagai bahan lain jadi sanitizer. ”Ini kesempatan bangsa ini mandiri. Ini kesempatan bangsa ini berdikari,” tegas Gubernur.

2. Pengobatan Bagi Pasien

Ganjar juga memantau langkah kuratif yaitu serangkaian kegiatan pengobatan yang ditujukan untuk penyembuhan penyakit, hingga pengurangan penderitaan akibat penyakit dan pengendalian penyakit. Seperti terus memantau perkembangan kuratif berupa mendata persoalan penyediaan alat kuratif yang saat ini masih kurang.

"Sekarang kita meminta untuk dicari PIC (person in charge) siapa, kontak personnya siapa, terus kita meminta kapasitas yang ada di sana berapa. Intinya satu, kita sedikit memaksa agar peralatan-peralatan untuk kuratif ini, terutama alat pelindung diri (APD) tersedia. Termasuk juga masker, baju astronaut, hingga Virus Media Transfer (VTM) ," ujar Ganjar.

3. Perbanyak Virus Media Transfer (VTM)

Menurut Gubernur, Jateng sangat membutuhkan banyak VTM. Untuk itu Pemprov Jateng terus mencari siapa yang bisa memproduksi banyak VTM. Bahkan jika diperlukan Gubernur akan memaksa agar produsen VTM mau memproduksi lebih banyak.

Jika ternyata keputusan otoritasnya ada di kementerian, Ganjar akan bicara langsung dengan kementerian. ”Intinya hari ini masker, APD yang baju, VTM harus diproduksi banyak. Negara harus memproduksi banyak. Tekan seminim mungkin harga sehingga bisa dilakukan efisiensi,” tegasnya.

4. Siapkan Anggaran

Pemerintah daerah juga sudah siap dengan perubahan anggaran atau mendahului anggaran jika memang diperlukan, karena terkait dengan penanganan dan untuk mengantisipasi mewabahnya korona. Bahkan kebijakan tersebut juga sudah mendapat perintah dari Mendagri.

5. Sosialisasi ke Masyarakat

Sedangkan langkah preventif yang dilakukan oleh Gubernur Ganjar Pranowo dengan melibatkan tokoh agama, tokoh masyarakat serta relawan cerdas dan pintar. Mereka harus paham tentang Covid-19 agar mereka bisa melakukan sosialisasi.

Gubernur mengakui Pemprov Jateng sangat membutuhkan sosok cerdas yang bisa menjelaskan pencegahan Covid-19 di seluruh pasar, minimal bisa cuci tangan di pasar. Sosialisasi bisa dilakukan mulai dari tingkat RT/RW dan tokoh desa. Mereka juga harus melakukan isolasi kecil di desa dengan melakukan gerakan bersih desa, sehingga selain bisa menangani Covid-19 juga demam berdarah dengue (DBD). (Bdi)

Kredit

Bagikan