28 Petani Cabai Ikuti Penyuluhan dari KKN PPM UMY

user
agung 12 Maret 2020, 22:55 WIB
untitled

BOYOLALI, KRJOGJA.com - Tim Program Kuliah Kerja Nyata Pembelajaran dan Pemberdayaan Masyarakat (KKN-PPM) Universitas Muhammadiyah Yogyakarta melakukan penyuluhan kepada masyarakat di Dusun Ngaglik, Kecamatan Gladagsari, Kabupaten Boyolali. Materi yang diberikan meliputi cara untuk menanam, mencegah, dan memberantas hama pada tanaman cabai.

Menurut salah satu anggota tim KKN PPM, Ilham Maulana Saud, kegiatan ini diadakan karena masyarakat di Dusun Ngaglik sedang mengalami persoalan terkait pengendalian hama pada tanaman cabai.Total peserta sebanyak 28 orang yang merupakan perwakilan dari warga.

Acara penyuluhan mengenai pengelolaan pertanian tanaman cabai beserta cara pencegahan hama dan pemberantasan hama tanamannya, diselenggarakan oleh tim KKN-PPM yang beranggotakan Ilham Maulana Saud SE MSc Ak CA. Dr Ietje Nazaruddin, Dr Evi Rahmawati bersama kelompok KKN 156 UMY bekerjasama dengan Balai Penyuluhan dan Pertanian (BPP) Kecamatan Gladagsari. Kegiatan ini juga didukung Lembaga Penelitian, Publikasi dan Pengabdian Masyarakat (LP3M UMY).

Tujuan kegiatan penyuluhan pengelolaan pertanian tanaman cabai ini ialah untuk menambah wawasan ataupun pengetahuan kepada warga Dukuh Ngaglik mengenai cara menanam cabai agar terhindar dari penyakit tanaman cabai. Juga cara pemberian pupuk tanaman cabai, cara mencegah hama dari tanaman cabai, serta cara memberantas hama dari tanaman Cabainya.

Pelaksanaan Penyuluhan pertanian dengan tema “Pengelolaan Pertanian Tanaman Cabai” dengan pematerinya yaitu Stakeholders dari Balai Penyuluh dan Pertanian Kecamatan Gladagsari, yang membahas tentang cara menanam cabai, pemberian pupuk tanaman cabai, jenis-jenis penyakit tanaman cabai, pencegahan Hama tanaman cabai, serta pemberantasan Hama tanaman cabai, yang kemudian dilanjutkan dengan sesi tanya jawab.

Dalam Pelaksanaannya, masyarakat sangat antusias mendengarkan pemaparan Materi dari Balai Penyuluhan Pertanian Kecamatan Gladagsari serta menginginkan adanya praktek langsung mengenai pembuatan pupuk tanaman cabai, pencegahan Hama penyakit tanaman cabai serta pemberantasan Hama tanaman cabai.

Penyuluhan Pengelolaan Pertanian Tanaman cabai ini merupakan program kerja yang tepat guna merespon hasil observasi yang sebelumnya Kelompok KKN 156 UMY ini telah laksanakan. Hasil observasi kami ternyata tepat guna merespon permasalahan yang sedang dialami oleh masyarakat pertanian dusun ngaglik, desa jlarem kecamatan gladagsari ini, yaitu bagaimana cara menanam, pemberian pupuk, pencegahan hama dan pemberantasan Hama penyakit Pada Tanaman Cabai ini.

Harapannya setelah diadakannya penyuluhan ini, maka wawasan dan ilmu yang didapatkan oleh warga setempat dapat diaplikasikan nya pada saat akan menanam dan memberantas hama pada tanaman cabai.(*)

Kredit

Bagikan