Tingkatkan Kualitas Produksi Susu, KKN UMY Beri Materi Optimalisasi di Jlarem Boyolali

user
agung 13 Maret 2020, 08:20 WIB
untitled

BOYOLALI, KRJOGJA.com - Sebanyak 22 orang petani dari Dusun Jlarem, Desa Jlarem Kecamatan Gladaksari, Kabupaten Boyolali mengikuti kegiatan 'Optimalisasi Pengelolaan Potensi Komoditas Masyarakat'. Peserta mendapatkan materi tentang bagaimana mengoptimalkan sapi perah yang mereka miliki sehingga menghasilkan susu yang berkualitas.

Kegiatan ini merupakan bagian dari Program Program Kuliah Kerja Nyata Pembelajaran dan Pemberdayaan Masyarakat (KKN-PPM) Universitas Muhammadiyah Yogyakarta yang berlangsung di Dusun Jlarem dan Dusun Ngaglik, Boyolali. Kegiatan ini dihadiri oleh perwakilan warga serta tim KKN-PPM yang beranggotakan Ilham Maulana Saud SE MScAk CA, Dr Ietje Nazaruddin, Dr Evi Rahmawati bersama kelompok 045 KKN UMY. Kegiatan ini sendiri  bekerjasama dengan Dinas Peternakan Boyolali dengan narasumber Bapak Gunawan Andriyanta SPt MSi.

"Tujuan penyuluhan ini agar masyarakat mampu berwirausaha melalui sapi perah yang mereka miliki dengan kualitas yang baik. Harapan lainnya, mempunyai output yang baik sehingga dapat menghasilkan produksi susu perah yang baik pula," kata Ilham Maulana.

Acara yang dikemas dalam bentuk sesi talkshow ini menghadirkan pembicara utama Kepala Bidang Produksi Ternak Dinas Peternakan dan Perikanan Kabupaten Boyolali Gunawan Andriyanta SPt MSi. Salah satu materi yang disampaikan yaitu tentang bagaimana pemilihan bibit sapi yang baik, pemilihan pakan yang sehat, serta memperhatikan kesehatan hewan ternak. Kemudian dilanjutkan dengan sesi tanya jawab.

Dalam pelaksanaannya, respon dari masyarakat Dusun Jlarem, Desa Jlarem, Kecamatan Gladaksari, Kabupaten Boyolali sangatlah antusias. Mengingat acara penyuluhan yang menghadirkan perangkat pemerintah daerah baru diadakan kali pertama ini, menurut masyarakat dusun Jlarem hal ini sangat membantu mereka.

Karena segala aspirasi masyarakat bisa langsung didengar serta bisa langsung ditindak lanjuti mengingat pemateri yang dihadirkan merupakan kepala divisi bidang produksi ternak Dinas Peternakan dan Perikanan Kabupaten Boyolali. Kegiatan ini dikoordinir Lembaga Penelitian, Publikasi dan Pengabdian Masyarakat (LP3M UMY). (*)

Kredit

Bagikan