Ganjar Gencarkan Modernisasi Pertanian

user
tomi 30 Oktober 2017, 17:40 WIB
untitled


SEMARANG, KRjogja.com - Guna meningkatkan produksi padi, Gubernur Jateng Ganjar Pranowo mulai menggencarkan modernisasi pertanian. Pemprov Jateng mulai memperkenalkan alat pertanian modern untuk pengolahan. Dengan pola baru tersebut Gubernur berharap anak muda akan tertantang untuk terjun ke bidang pertanian.

Gubernur mengatakan hal ini kepada wartawan saat melakukan tanam padi perdana menggunakan transplanter di Desa Sidomulyo, Kecamatan Wonosalam, Kabupaten Demak Senin (30/10). Penggunaan alat modern akan memudahkan petani, sehingga akan menjadi daya tarik bagi anak muda untuk menekuni pertanian.

"Dengan adanya alat modern tersebut kami berharap anak muda tidak ragu bekerja di sektor pertanian, karena menjadi petani bisa tetap keren. Dari empat petani yang menggunakan transplanter tadi, salah satunya masih muda. Dia mengaku dengan anak modern tersebut bertaninya lebih mudah dan menarik, dan menanamnya bisa lebih cepat. Pemprov Jateng akan mendorong agar anak muda mau berkiprah di pertanian," tutur Ganjar Pranowo.

Jika dulu sebelumnya menjadi petani dianggap sebelah mata oleh sebagian besar masyarakat terutama generasi muda, paradigma tersebut menurut Gubernur harus diubah. Sektor pertanian harus bisa daigarap oleh kalangan muda agar bisa lebih maju.

Modernisasi yang dilakukan ungkapnya bukan hanya terkait dengan pengolahan lahan, namun juga pendataan dan penyaluran bantuan yang dilakukan secara modern. Salah satunya melalui kartu tani yang dilengkapi dengan sejumlah data seperti luas lahan, jenis tanaman dan kebutuhan pupuk bagi setiap petani. (Bdi)

Kredit

Bagikan