Muswil ke-6, Pemuda Pancasila Diminta Ikut Jaga Kedamaian DIY

user
tomi 12 Agustus 2017, 12:24 WIB
untitled


YOGYA, KRJOGJA.com - Majelis Pimpinan Wilayah Pemuda Pancasila DIY menggelar Musyawarah Wilayah (Muswil) ke-6 di Hotel Inna Garuda Sabtu (12/8/2017). Mengambil tema Konsisten Menjaga Pancasila dan Tetap Menjadi Perekat Kebhinekaan, Pemuda Pancasila diharap bisa terlibat aktif menjaga kedamaian wilayah DIY yang terkenal majemuk sejak masa lalu.

Kepala Kantor Kesatuan Bangsa dan Politik Agung Supriyono yang menyampaikan arahan Gubernur DIY dalam pembukaan acara mengatakan bahwa wilayah DIY selama ini dikenal sebagai kawasan majemuk dengan berbagai elemen masyarakat di dalamnya. Menurut dia, kemajemukan tersebut membawa berbagai konsekuensi termasuk potensi gesekan yang mungkin saja terjadi.

"Kami berharap, Pemuda Pancasila bisa ikut berperan aktif menjaga kedamaian di DIY yang selama ini merupakan wilayah majemuk. Kemajemukan di DIY punya potensi konflik dan harapannya organisasi masyarakat ini bisa ikut menjaga keharmonisan masyarakat tetap berdasar pada Pancasila dan Kebhinekaan," ungkapnya.

Ketua Umum Pemuda Pancasila Japto Soerjosoemarno mengingatkan bahwa saat ini organisasinya bukan lagi bergerak di bidang kepemudaan dengan afiliasi politik tertentu. Pemuda Pancasila menurut dia merupakan bagian dari bangsa Indonesia yang lahir dari panggilan sejarah untuk bersnergi bersama pemerintah dalam membangun bangsa.

"Pemuda Pancasila dibentuk dengan rasa kesadaran bahwa jika kita tak bersatu maka tak bisa mengusir penjajah, tak lagi pandang suku, agama, ras atau golongan tertentu. Di masa saat ini tugas kita lebih besar yakni membangun bangsa dengan bersinergi bersama pemerintah mulai dari pusat hingga daerah, ikut mengatasi permasalahan yang dihadapi," ungkapnya.

Dalam agenda Muswil kali ini, Pemuda Pancasila DIY bakal menggelar pemilihan ketua umum periode 2017-2022. Namun sebelumnya diadakan sidang komisi yang diikuti perwakilan Majelis Pimpinan Cabang se DIY. (Fxh)

Kredit

Bagikan