Bupati Larang Penggunaan 'Branjang'

user
tomi 07 Agustus 2017, 14:52 WIB
untitled

WONOGIRI, KRJOGJA.com - Bupati Wonogiri Joko Sutopo memanggil puluhan nelayan Waduk Gajahmungkur (WGM) Wonogiri, Kepala Dinas Kelautan, Perikanan dan Peternakan (Dislapernak) serta Kepala Satpol PP Wonogiri, Senin (07/08/2017).  Pertemuan yang juga melibatkan camat, Kapolsek dan Danramil (Forpimcam) di lingkaran WGM itu sebagai tindak lanjut pertemuan serupa beberapa bulan lalu.

Bupati Joko usai pertemuan mengaku kepada wartawan langkahnya tersebut sebagai evaluasi atas penertiban puluhan alat tangkap ikan 'branjang' yang pernah dilarang di WGM. "Kami mengapresiasi bahwa penggunaan 'branjang' kini sudah berkurang hampir 95 persen," kata Bupati Wonogiri.

Disebutkan, sebelum bupati melakukan pernertiban para nelayan WGM di tujuh wilayah (Kecamatan Wuryantoro, Wonogiri, Eromoko, Pracimantoro, Baturetno, Nguntoronadi dan Ngadirojo) banyak yang menggunakan branjang sehingga nyaris memusnahkan populasi ikan di perairan WGM.

Namun, razia yang dipimpin langsung bupati kini membuahkan hasil yang menggembirakan dengan ditandai berkurangnya jumlah 'branjang' milik nelayan. (Dsh)

Kredit

Bagikan