Kartinian, SMA Negeri 1 Muntilan Gelar Pandawa

user
agus 20 April 2017, 15:31 WIB
untitled

MAGELANG (KRjogja.com) – SMA Negeri 1 Muntilan di Kabupaten Magelang, menggelar Pandawa (Pagelaran Budaya Siswa) dalam rangka memperingati Hari Kartini di halaman sekolah, Kamis (20/04/2017). Pengisi acara adalah delapan kegiatan ekstrakurikuler yang ada disekolah tersebut. Diantaranya kelompok seni tari, seni vokal, pasukan baris berbaris (PBB), karate, taekwondo dan teater.

“Pandawa tahun ini masuk tahun ketiga. Tujuannya untuk mengapresiasi kegiatan siswa dan memberikan wadah penyaluran bakat serta minat siswa yang selama ini tergabung dalam kegiatan ekstrakurikuler,” kata Kepala SMA Negeri 1 Muntilan, Syamhadi, disela-sela acara.

Kegiatan ini, lanjut Samhadi, juga berguna bagi para siswa untuk mengasah mental, kebersamaan serta kreatifitasnya. “Kami juga ingin agar siswa selalu ingat akan budaya jawa. Karena itu, dalam kesempatan ini anak-anak juga menampilkan seni karawitan dan seni tari,” lanjutnya.

Ketua OSIS SMA Negeri 1 Muntilan, Suma Maulida yang juga seksi acara menambahkan, jika setiap kegiatan Pandawa, selalu menyajikan tema berbeda. Untuk tahun 2017 ini, mengangkat cerita Ramayana bertajuk Sinta Ilang. Sebelumnya pada Pandawa 2012 mengisahkan tentang perjuangan Arjuna menegakkan kebenaran. Kemudian tahun 2014, menceritakan perang Bharatayudha.

“Pandawa merupakan salah satu program kerja OSIS. Pada tahun ini, Pandawa kami rangkai dengan kegiatan Java Soulnation, yang isinya salah satunya pemilihan mas dan mbak sekolah. Dan puncaknya hari ini, tiga besar mas dan mbak kami tampilkan dan akan dipilih juaranya. Selanjutnya, juaranya akan mewakili sekolah pada ajang duta wisata yang akan dilaksanakan dinas pariwisata,” imbuhnya. (Bag)

Kredit

Bagikan