Hujan Disertai Angin Masih akan Landa DIY

user
ivan 07 April 2017, 12:18 WIB
untitled

YOGYA, KRJOGJA.com - Hujan disertai dengan petir dan angin kencang berpotensi terjadi di wilayah DIY dalam beberapa hari ke depan. Hal itu terjadi, selain wilayah DIY sedang berada dalam musim pancaroba, adanya pembentukan pusat tekanan udara rendah di perairan Selatan Jawa, Laut Aru dan Papua Nugini, menyebabkan terjadinya peningkatan intensitas hujan di sejumlah daerah termasuk DIY.

"Masyarakat di wilayah DIY kami minta untuk tetap mewaspadai adanya potensi hujan lebat yang disertai dengan petir dan angin kencang dalam minggu ini. Hujan lebat disertai angin kencang ini, diprediksikan akan terjadi pada sore menjelang malam hari," ungkap Koordinator Stasiun Klimatologi, Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Yogyakarta, Djoko Budiyono kepada KRJOGJA.com.

Djoko mengatakan, dilihat dari data-data yang ada di BMKG, intensitas hujan dalam tiga hari ke depan diprediksikan bisa di atas 40 mm/hari. Sedangkan untuk kecepatan angin bisa mencapai 20 knot (37 km/jam) dengan kategori cukup kencang.

Dengan kondisi tersebut, masyarakat diminta waspada dan berhati-hati terhadap dampak yang dapat ditimbulkan. Seperti banjir, tanah longsor, genangan dan pohon tumbang. Begitu pula bagi mereka yang menggunakan jasa transportasi penyeberangan laut, diharapkan mewaspadai adanya potensi gelombang tinggi. (Ria)

Kredit

Bagikan