Pancaroba di DIY Diprediksi Sampai Akhir April

user
ivan 04 April 2017, 13:19 WIB
untitled

YOGYA, KRJOGJA.com - Musim pancaroba (peralihan) di wilayah DIY diprediksikan akan berlangsung sampai akhir April mendatang. Pada musim pancaroba sering terjadi perubahan cuaca yang mendadak dan bersifat ekstrem. Dampak dari adanya perubahan cuaca yang cukup ekstrem tersebut, sering memicu terjadinya hujan lebat disertai petir dan angin kencang.

"Berdasarkan data yang kami miliki kelembaban udara di atas Pulau Jawa berkisar antara 70 persen sampai 80 persen. Kondisi tersebut masih bisa menyebabkan adanya potensi hujan lebat yang disertai dengan petir dan angin kencang. Untuk itu, kami selalu mengingatkan masyarakat untuk tetap mewaspadai adanya hujan lebat atau angin kencang," kata Koordinator Stasiun Klimatologi Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Yogyakarta, Djoko Budiyono MSi.

Djoko mengatakan, curah hujan untuk wilayah DIY pada 1 sampai 7 April masuk kategori menengah (100 mm sampai 150 mm per minggu). Apabila dilihat dari intensitas hujan tersebut, kemungkinan terjadinya angin kencang atau banjir masih ada.

Djoko menambahkan, dalam satu minggu ke depan ketinggian gelombang di kawasan Pantai Selatan berkisar antara 1,5 meter sampai 2,5 meter. Apabila dilihat dari ketinggian gelombang tersebut masih tergolong normal. (Ria)

Kredit

Bagikan