Kenalkan Ragam Oleh-oleh Khas Yogya

user
ivan 16 Maret 2017, 15:32 WIB
untitled

YOGYA, KRJOGJA.com - Sebagai upaya memperkenalkan beragam Oleh-oleh Jogja secara lebih luas, Dinas Pariwisata Kota Yogyakarta bakal mengadakan 'Gelar Potensi Ekonomi Kreatif Oleh-oleh Jogja' di Museum Benteng Vredeburg Yogyakarta, Sabtu (18/3) pukul 09.00-19.00 WIB.

Menurut Koordinator Panitia, Krismono Adjie MPd, kegiatan ini merupakan langkah strategis untuk makin mempopulerkan Oleh-oleh Jogja yang ternyata ragamnya sangat banyak. Jenisnya bukan cuma makanan atau camilan semata, tapi dapat juga berupa pakaian, kerajinan dan bentuk lain.

"Sekaligus menegaskan dan memberikan informasi lengkap pada masyarakat maupun wisatawan bahwa Oleh-oleh itu bukan souvenir. Memang ada souvenir yang dijadikan Oleh-oleh, tapi sebenarnya beda maksud. Kalau souvenir itu lebih cepat dilupakan. Tapi kalau Oleh-oleh biasanya lebih berkesan," jelas Krismono di ruang kerjanya, Kamis (16/03/2017).

Kegiatan ini akan diikuti 30 stan peserta yang terdiri dari 17 Kampung Wisata dan 13 Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Kecamatan di wilayah Kota Yogyakarta. Rencananya, Gelar Potensi Ekonomi Kreatif Oleh-oleh Jogja ini akan dibuka langsung Plt Kepala Dinsa Pariwisata Kota Yogyakarta Drs Yurianta Dwi Sutana.

Dijelaskan Krismono lebih lanjut, rangkaian kegiatan sebelumnya sudah diawali dengan workshop menghadirkan peserta dari Kampung Wisata dan Pokdarwis Kecamatan di Hotel Wisanti, 7 Maret 2017 lalu. Sehingga melalui acara ini banyak wisatawan yang makin mengenal macam Oleh-oleh khas Yogyakarta sehingga menjadi referensi untuk buah tangan bagi keluarga masing-masing. (R-7)

Kredit

Bagikan