Masyarakat Mulai Ajukan Izin Toko Tradisional

user
tomi 25 Januari 2017, 21:53 WIB
untitled

SUKOHARJO (KRjogja.com) - Belasan pemohon mengajukan izin usaha membuka toko tradisional atau kelontong ke Pemkab Sukoharjo. Jumlah tersebut kemungkinan bisa bertambah hingga ribuan pemohon karena banyaknya toko tradisional atau kelontong di Kabupaten Sukoharjo.

Kepala Dinas Perdagangan, Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah Sutarmo, Rabu (25/01/2017) mengatakan  ada 13 pemohon masuk ke Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu. Di Kecamatan Tawangsari dan Kecamatan Weru pengajuan permohonan alihfungsi dari toko modern ke toko tradisional melalui Satuan Polisi Pamong Praja (Sapol PP). Selain itu, di Kecamatan Bendosari dan Kecamatan Baki masing masing 1 pemohon masuk melalui kantor kecamatan.

“Sekarang masih tahap sosialisasi Peraturan Bupati (Perbup) Nomor 44 Tahun 2016 tentang Penataan Toko Tradisional atau Kelontong. Tapi sudah ada belasan pengajuan permohonan izin masuk ke sejumlah SKPD,” ujar Sutarmo.

Izin usaha wajib dilakukan pemilik toko tradisional atau kelontong sebagai bagian dari penataan. Pengajuan bisa dilakukan langsung ke camat dengan melengkapi semua persyaratan. "Di Sukoharjo ada ribuan bahkan belasan ribu toko tradisional atau kelontong. Mereka semua harus mengajukan izin usaha. Nanti para camat yang akan mengkoordinasi,” lanjutnya. (Mam)

Kredit

Bagikan