Sedimentasi, Drainase Di Kartasura Perlu Penanganan

user
tomi 22 Januari 2017, 16:58 WIB
untitled

SUKOHARJO (KRjogja.com) - Kondisi drainase di wilayah Kecamatan Kartasura meyoritas mengalami kerusakan dan sedimentasi parah. Perbaikan dan pengerukan mendesak untuk dilakukan sebagai solusi mengatasi masalah banjir.

Camat Kartasura Suyatman, Minggu (22/01/2017) mengatakan, pihaknya sudah melakukan pemantauan wilayah dan pengecekan langsung kondisi drainase. Hasilnya diketahui sangat mengejutkan dimana banyak ditemukan kerusakan dan sedimentasi parah. Temuan tersebut seperti di Desa Ngabeyan, Singopuran, Makamhaji, Gumpang, Pabelan, Gonilan, Kertonatan. Wilayah tersebut merupakan perkotaan dimana drainase banyak tertutup bangunan. Selain itu drainase juga merupakan bangunan lama yang jarang tersentuh perawatan.

“Kecamatan Kartasura sudah mengajukan permohonan bantuan kepada Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang agar dilakukan perbaikan dan pengerukan sedimentasi di drainase,” ujar Suyatman.

Pengajuan tersebut sudah mendapatkan respon dari Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Sukoharjo. Direncanakan perbaikan dan pengerukan secara bertahap akan dilakukan dalam waktu dekat.

"Drainase yang jadi kewenangan desa maka langsung dikerjakan. Namun untuk drainase jadi kewenangan Pemkab Sukoharjo maka diserahkan ke Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang,” lanjutnya. (Mam)

Kredit

Bagikan