Ikut Donor Darah, Andika Raih Motor Mio dari KR

user
agus 18 Januari 2017, 09:21 WIB
untitled

YOGYA (KRjogja.com) - Ribuan warga masyarakat dari berbagai kalangan mulai dari pejabat pemerintah, anggota TNI, anggota Polri, Pegawai Negeri Sipil (PNS), mahasiswa hingga masyarakat umum  antusias mengikuti acara donor darah bertajuk 'Ayo Berbagi Sehat' yang digelar Perhimpunan Donor Darah Indonesia (PDDI) DIY di atrium Plaza Ambarrukmo Yogyakarta, Selasa (17/1). Dalam acara ini, panitia menargetkan bisa terkumpul 2017 kantong darah.

"Hingga pendaftaran ditutup pada Selasa malam, jumlah pendaftar donor darah mencapai 2415 orang. Kami menyelenggarakan aksi donor darah perdana di awal tahun 2017 ini dalam rangka wujud pelestarian nilai-nilai kesetiakawanan sosial dengan harapan akan ada aksi donor darah lainnya pada bulan-bulan berikutnya yang diselenggarakan oleh pemerintah daerah, instansi atau badan maupun organisasi lainnya sehingga kebutuhan darah khususnya di provinsi DIY dapat terpenuhi,"  ungkap Ketua Umum PDDI DIY Gusti Bendoro Pangeran Haryo (GBPH) Yudhaningrat.

Sedangkan Ketua PMI DIY, GBPH Prabukusumo menuturkan, tahun 2017 ini jumlah pendonor darah di DIY cukup banyak. "Saat ini kami dari PMI DIY sudah melakukan kerjasama dengan rumah sakit-rumah sakit yang ada di wilayah DIY. Dalam waktu dekat, PMI DIY juga akan melakukan MoU dengan RSUP Dr Sardjito. PMI DIY juga punya website yang setiap hari kami selalu update tentang stok darah di DIY sehingga persoalan donor darah bisa terlayani sebaik-baiknya. Ke depan, kami berharap pendonor darah semakin banyak lagi," jelas Gusti Prabu.

Di sisi lain, Kapolda DIY, Brigjen Pol Drs Ahmad Dofiri, MSi menyampaikan apresiasi positifnya terhadap kegiatan ini. "Donor darah itu kegiatan yang penuh keberkahan. Donor darah bukan sesuatu yang menakutkan. Pendonornya sehat, yang diberi donor darah, mudah-mudahan tambah sehat. Mudah-mudahan kegiatan ini menginspirasi untuk berbagi kebaikan. Dalam acara ini, kami dari Polda DIY menerjunkan 300 personil untuk ikut aksi donor darah," papar Kapolda DIY.

Dalam kesempatan yang sama, Wakil Gubernur (Wagub) DIY, KGPAA Paku Alam X menyatakan, kegiatan donor darah merupakan bukti bahwa kesetiakawanan masih ada dan masih kuat serta perlu terus untuk digalakkan. "Harapan kami, semoga dengan aksi donor darah ini, setiap tetes darah yang didonorkan dapat menyelamatkan ribuan jiwa yang membutuhkan," terang Wagub.

Dalam acara donor darah ini, panitia menyediakan ratusan doorprize menarik. Doorprize tersebut antara lain voucher belanja, voucher wisata, voucher hotel, nonton gratis Cinema 21, barang elektronik, sepeda gunung. Bahkan juga ada doorprize istimewa berupa motor Mio M3 dari SKH Kedaulatan Rakyat (KR).

Pendonor darah yang beruntung mendapatkan doorprize motor Mio M3 yakni Andika Rahmat Kresnanto warga Bokesan RT 001/ RW 020 Sindumartani Ngemplak Sleman. "Saya tadi benar-benar tidak menyangka bisa berhasil mendapatkan motor. Tadi asal aja ngambil nomer undiannya. Ternyata malah dapat motor. Kalau nomor urut donor darah saya 2004," papar mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial (FIS) UNY ini. (R-8)

Kredit

Bagikan