Pengangguran Di Wonogiri Menurun

user
tomi 11 Januari 2017, 11:08 WIB
untitled

WONOGIRI (KRjogja.com) - Penurunan jumlah pengangguran cukup signifikan di Wonogiri. Jika akhir 2015 angka pengangguran mencapai 17.785 orang sedangkan di akhir 2016 turun menjadi 15.841 orang. Pemkab setempat terus  berupaya menekan angka pengangguran lantaran banyaknya pengangguran identik dengan banyaknya angka kemiskinan.

"Salah satu upaya yang dilakukan bupati akan meninjau kembali RT RW Wonogiri sehingga akan banyak perusahaan di daerah agar tenaga pengangguran kita mendapat  pekerjaan," ungkap Kepala Disnakertrans Wonogiri Dra Ristanti MM.

Menurut Ristanti banyaknya penggangguran di daerahnya mayoritas adalah canaker  pria (sekitar 70 persen). Sisanya 30 persen adalah canaker perempuan.

"Kalau pengangguran dapat ditekan otomatis angka kemiskinan juga akan berkurang," kata Ristanti.

Upaya lain yang dilakukan, terang Ristanti penanganan pengangguran di Wonogiri dengan meningkatan kompetensi serta pelatihan formal di Balai Latihan Kerja (BLK) guna menghadapi era MEA. "Dinas kami juga mengantarkan canaker ke pangsa pasar kerja melalui job fair, maupun membuka link langsung dengan kementerian," tandasnya. (Dsh)

Kredit

Bagikan