Pemkab Sukoharjo Ingin Bangun Peti Kemas

user
tomi 06 Januari 2017, 19:13 WIB
untitled

SUKOHARJO (KRjogja.com) - Pembangunan terminal peti kemas diwacanakan oleh Pemkab Sukoharjo untuk memfasilitasi kebutuhan industri. Tempatnya berada di wilayah Kecamatan Nguter yang meiliki tanah luas dan dekat dengan kawasan industri.

Bupati Sukoharjo Wardoyo Wijaya, Jumat (06/01/2017) membenarkan hal tersebut. Wacana pembangunan muncul karena tingginya kebutuhan dari para pelaku industri. Di Sukoharjo sendiri banyak berdiri industri disejumlah wilayah. Paling banyak berada di Kecamatan Sukoharjo Kota, Grogol, Kartasura dan terakhir di Nguter karena berdiri Kawasan Industri Nguter.

"Keberadaan industri tersebut sudah didukung dengan kelengkapan fasilitas berupa lahan. Namun masih ada kekurangan karena belum memiliki tempat untuk menerima dan mengirim barang dalam jumlah besar," kata Bupati.

Meski begitu, kata Bupato masih perlu dilakukan persiapan untuk merealisasikan pembangunan tersebut. Karena itu, pembangunan tersebut Pemkab Sukoharjo masih mencari lahan yang tepat di wilayah Kecamatan Nguter. Lokasi utamanya yakni di pinggir rel kereta api.

"Terminal peti kemas nantinya akan menjadi kepemilikan penuh dan kewenangan pengelolaan Pemkab Sukoharjo. Pembangunannya sendiri juga akan dibangun sepenuhnya oleh daerah. Pemkab Sukoharjo akan membentuk Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) sebagai pengelola terminal peti kemas,” lanjutnya. (Mam)

Kredit

Bagikan