Terus Dikembangkan, Sipkades Karang Taruna Brosot Pilot Project

user
danar 08 Desember 2016, 02:35 WIB
untitled

KULONPROGO (KRjogja.com) - Sistem Informasi Potensi Kreatif Desa (Sipkades) Karang Taruna Desa Brosot Kecamatan Galur menjadi pilot proyek. Peluncuran Sipkades Karang Taruna Brosot dilakukan Ketua Karang Taruna DIY GKR Condrokirono, di aula Dinsosnakertrans, Rabu (07/12/2016).  Sipkades ini merupakan kerjasama Karang Taruna DIY dan Yousure UGM.

 

Ketua Karang Taruna DIY GKR Condrokirono mengapresiasi YouSure dari Fisipol UGM yang telah mengembangkan Sipkades yang berbasis online sehingga dapat dimanfaatkan memperkenalkan, menjual potensi desa ke dunia luar. “Kami juga berharap Sipkades juga dikembangkan di desa lain selain Kulonprogo," tambahnya.

Ditegaskan Staf Ahli Bupati Bidang Pemerintahan H Jumanto SH, tantangan saat ini terasa berat bagi pemuda dengan kemajuan zaman yang makin dinamis. "Karang Taruna diharapkan mampu memberikan pemahaman yang baik terhadap pemuda yang ada di wilayahnya, sehingga generasi muda  tidak terjerumus ke dalam pengaruh yang negatif atau bahkan yang menyesatkan," ujar Jumanto.

Drajat dari YouSure UGM menyampaikan Pusat Studi Kepemudaan Fisipol UGM pada Fase Pendayagunaan  mengawali dengan membangun Sipkades. Adanya Sipkades jadi model baru, mengenalkan Kulonprogo lebih luas. “Ini momentum berharga. Desa bukan lokasi pinggiran, desa sekarang jadi arena sosial politik, budaya," kata Drajad sambil menambahkan dari hasil kajian banyak potensi di desa, tapi banyak warga yang meninggalkan desa.

 

Disampaikan Ketua Karang Taruna Desa Brosot Sri Aji, meski awalnya beberapa pemuda sempat pesimis, tapi sekarang sudah banyak yang terlibat. "Dengan Sipkades, pemuda pemudi mengetahui potensi desa sendiri, karena Sipkades memuat semua potensi, alam, budaya, SDM,  pertunjukan, peninggalan sejarah, peta, buah tangan," katanya. (Wid)

Kredit

Bagikan