Dana Bantuan Parpol Mulai Diaudit

user
tomi 08 Februari 2018, 16:51 WIB
untitled

SUKOHARJO, KRJOGJA.com - Dana bantuan partai politik (Parpol) tahun 2017 diaudit oleh Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Provinsi Jawa Tengah. Parpol harus bisa menunjukan bukti hasil rekomendasi untuk bisa mengajukan pencairan dana parpol tahun 2018.

Kepala Kesbangpol Sukoharjo Gunawan Wibisono, Kamis (8/2) mengatakan proses audit dari BPKP mulai dilaksanakan sejak Januari lalu. Beberap Parpol dikabarkan telah selesai diaudit oleh BPKP. Sedangkan parpol lainnya masih dalam proses sampai selesai beberapa hari kedepan.

Parpol, kata Gunawan sudah mengirimkan laporan hasil penggunaan dana bantuan parpol tahun 2017 pada BPKP Provinsi Jawa Tengah. Tahap selanjutnya yakni, akan dilakukan audit oleh petugas BPKP. Proses audit dilakukan secara bertahap dan bergantian.

"BPKP Provinsi Jawa Tengah akan melakukan pemeriksaan terkait penggunaan dana bantuan parpol. Pemeriksaan dilakukan secara mendetail agar seluruh dana bantuan parpol dalam penggunaanya bisa dipertanggungjawabkan," ungkap Gunawan.

Gunawan menjelaskan proses audit dari BPKP terhadap dana bantuan kepada parpol diperkirakan bisa selesai pada akhir Februari nanti. Sisa waktu dimaksimalkan petugas agar sesuai target penyelesaian. Setelah selesai, parpol akan menerima hasil rekomendasi dari BPKP Provinsi Jawa Tengah. Penggunaanya sendiri untuk syarat mengajukan pencairan dana bantuan parpol tahun 2018.

"Parpol harus bisa menunjukan hasil rekomendasi dari BPKP Provinsi Jawa Tengah untuk bisa mencairkan dana bantuan parpol tahun 2018. Sebab harus jelas dulu penggunaan dana bantuan parpol sebelumnya di tahun 2017," ujarnya. (Mam)

Kredit

Bagikan