Gandung Dorong Pertumbuhan Desa

user
agus 28 September 2018, 18:36 WIB
untitled

WONOSARI, KRJogja.com - Wakil Ketua Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) Bambang Subiantoro mengungkapkan, wilayah Ponjong memiliki banyak potensi. Oleh sebab itu, LIPI hadir untuk menerapkan teknologi di daerah. Salah satunya dengan memberi bantuan bibit dan pupuk penyemangat masyarakat. Bahkan masyarakat diberikan pemahaman untuk mengolah pupuk tersebut. Sehingga dari sebelumnya berkembang, bisa menjadi desa yang mandiri.

“Tentunya ini akan meningkatkan nilai tambah. Masyarakat dapat mengembangan potensi yang ada,” kata Bambang Subiantoro usai acara Diseminasi Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (Iptek) LIPI di Gedung Saemaul Ponjong, Kamis (27/10/2019).

Kegiatan dihadiri Komisi VII DPR RI  Drs H Gandung Pardiman MM, Staf Ahli Bupati Bidang Hukum Saptoyo MSi, Camat Ponjong Johan Eko Sudarto SSos dan undangan. Gandung Pardiman MM mengungkapkan, Kecamatan Ponjong memiliki banyak potensi mulai dari pertanian, kuliner, pariwisata, perikanan, perkebunan dan lainnya. Dewan bersama dengan LIPI ingin mendorong masyarakat untuk tumbuh mengembangkan potensi yang ada. “Jika masyarakat mampu mengembangkan potensi, tentu akan mendorong peningkatan kesejahteraan,” imbuhnya.

Diungkapkan, di Gunungkidul sudah ada 19 mitra seperti LIPI untuk mendorong masyarakat mandiri. Potensi yang belum dikembangkan ini bagaimana didorong untuk tumbuh, termasuk dengan sentuhan teknologi LIPI. Jika nantinya di Ponjong ini berhasil tentu akan menjadi percontohan dan akan bisa dikembangkan wilayah lain. “Prinsipnya Komisi VII DPR dan LIPI mendorong masyarakat untuk bangkit mengembangkan apa yang ada di wilayah masing-masing. Terlebih Ponjong ini berada di wilayah perbatasan dan miliki banyak potensi,” jelasnya. (Ded)

Kredit

Bagikan